10 Soal MotoGP Untuk Bahan Ngobrol Di Tempat Nongkrong

Motorplus - Selasa, 28 Juni 2016 | 21:00 WIB

Ada info yang asyik di share di tempat tongkrongan soal MotoGP. Ada 10 bahan soal MotoGP nih sob yang bisa dishare pas ngobrolin tentang balapan kelas para raja. Kalau bisa dihafal 10 materi tentang MotoGP, pasti kelihatan brother seperti paham dengan balapan bergengsi sejagat ini.  

Apa aja itu? Yuks!

1. Tenaga MotoGP sangat dahyat sampai ke 250 dk (daya kuda) atau HP (Horse Power).

Waktu digeber, kecepatan rata-ratanya 110 mph atau 176 km/jam, top speed 344 km/jam. Motornya juga gokil dari 0-96 km/jam hanya dalam 2.6 detik.

2. Berat motor di motoGP, kira-kira dua kali lipat rata-rata berat orang dewasa.

Berarti berat motor MotoGP rata-rata 160 kg. Makanya, rider MotoGP wajib superfit berstamina prima. Saat balap, mereka benar-benar kerja keras!

3. Saat balapan, racer motoGP akan kehilangan sedikitnya 2 liter cairan tubuh.

Energi yang mereka keluarkan juga besar banget.Di beberapa sirkuit, katakanlah Sepang Malaysia, suhu bisa mencapai 36 derajat  atau kelembaban udara 76 pc di sirkuit Jepang. Ini sangat menguras energi dan nggak heran 2 liter cairan tubuh racer bisa hilang selama balapan dalam durasi kira-kira 45 menit.

4. Saat nikung, ban di motoGP Cuma napak tak lebih dari 50% saja.

Misal, 16.5 inc Brigestone yang memang didesain khusus untuk balap MotoGP. Saat menikung, kemiringan bisa capai 55 derajat. Ban-ban ini memang sangat canggih. Sampai di saaat hujan, mereka mampu tetap menapak di sirkut saat tikungan di kecepatan 152 km/jam. Sekadar info, harga satu bannya mentok di 1000 euro alias 15 juta rupiah. Nggak murah khan?

5. Kulit kangguru jadi bahan kulit paling sip untuk racing suit pembalapMotoGP

Katanya, sangat kuat tapi fleksibel. Ketebalannya juga hanya 3-5 mm saja. Fleksibuilitas kulit kangguru bikin pembalap leluasa bergerak dan dari beberapa info sangat kuat meredam benturan.

6. Proteksi di baju balap MotoGP sangat lengkap

malah becandaan antarpembalap lebih lengkap dari baju Batman. Ada pelingdung bahu, leher, siku, lutut, tangan, plus sarung tangan, punggung juga  pinggul. Tak lama lagi pabrikan pelindung baju balap akan mengembangkan teknologi airbag di baju balap demi lebih melindungi para pembalapnya. Keren!

7. Motornya mirip komputer besar!

Tak kurang 500 data yang nongol di monitor tentang kinerja motor ini. Selalin yang terkait dengan performa motor, power, kecepatan, kecepatan di setiap perpindahan gigi, juga ada data akurat tentang jumlah lap, target per-lap dan banyak lagi data yang nongol di monitor.

8. Kondisi tubuh Racer jadi ekstra  perhatian

Racer wajib sangat fit. Mereka harus rutin jalanani fitness terkait kondisi cardiovascular, kekuatan otot untuk mampu menghendel motornya. Menurut beberapa racer, olahraga bersepada adalah yang terbaik karena tak ada benturan di persendian (non impact sport). Untuk atasi kebosanan mereka juga menjajal berbagai olah raga lain semisal sepeda gunung juga motocross.

9. Jadwal Racer, superpadat!

Musim balapan berlangsung mulai Maret sampai November, jadi mereka beraktifitas balapan sedikitnya 180 hari dalam setahun. Jadi mereka bis dibilang supersibuk!

10. Racer hebat harus punya ingatan pendek

Ini berkenaan dengan trauma. Kata  mereka, racer harus punya ingatan pendek dan nggak terus-terusan ingat saat mereka tertimpa musibah jatuh atau cidera. Ini berkaitan dengan mengatasi rasa takut. “Yap, saya harus melupakan tragedy jatuh yang menimpa atau kejadian dramatis sesame racer yang tewas di sirkuit,” jelas Jorge Lorenzo saat diwawacarai Motor Plus.”Jika racer sudah punya rasa takut, karirnya pasti berakhir,” tegasnya lagi. Tuh, ingatan mereka memang harus pendek dan segera melupatan tragedi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular