Pemudik Motor Melonjak Hampir 50 Persen Dibanding Tahun Lalu

Motorplus - Rabu, 29 Juni 2016 | 13:32 WIB

Pada lebaran tahun ini, diprediksi jumlah kendaraan roda dua digunakan untuk mudik jumlahnya lebih dari 5 juta unit atau meningkat hampir 50% dibanding tahun lalu. Pada 2015 lalu jumlah motor yang mudik lebaran lebih dari 3 juta unit.

Kemenhub bekerjasama dengan instansi terkait terus berupaya untuk melakukan penanganan terhadap pemudik sepeda motor. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memberikan beberapa imbauan kepada para pemudik sepeda motor. “Ini bukan sekedar hanya masalah keselamatan, tapi ini menjadi suatu kegembiraan tersendiri juga secara kultur (untuk mudik dengan sepeda motor),” jelas Menhub Ignasius Jonan.

Beberapa imbauan Jonan yaitu, agar pemudik sepeda motor tidak menargetkan tenggat waktu untuk sampai ke tujuan. “Misalnya dari Jakarta berangkat habis buka. Targetnya sampai Pemalang sebelum sahur. Ngga usah begitu. Kalau capek ya berhenti dulu,” ucapnya.

Imbauan lainnya adalah mengupayakan untuk menghindari perjalanan pada malam hari. “Usahakan berangkat jangan malam hari. Kalau bisa berangkat setelah jam 6 pagi atau setelah sahur dan berhenti sebelum magrib. Setelah magrib lebih baik berhenti saja. Karena sepeda motor memang tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh, ” ujarnya.

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular