Tinggi Lubang Buang Mesin 2-tak Untuk Balap (1)

Motorplus - Rabu, 20 Juli 2016 | 19:55 WIB

Yang dimaksud tinggi lubang buang yaitu jarak dari bibir atas lubang buang sampai permukaan atas blok. Ukuran lubang buang sangat penting untuk mesin yang diset balap. Jika terlalu kecil atau pendek, malah bikin mesin tidak mau langsam dan bahkan loyo. Tenaga hanya oke di putaran atas.

Khusus untuk motor 110 cc, tinggi lubang buang yang terbukti mumpuni mulai terbuka 79-81 derajat dari TMA (Titi Mati Atas). Angka ini diukur ketika piston sedang top atau berada di permukaan atas blok. Ketika piston mulai turun, kruk as berputar dan dihitung derajat penurunan atau perputarannya. Misalkan angka 79 dulu baru 81 derajat. Posisi piston paling bawah atau di TMB (Titik Mati Bawah), berarti berada di angka 180 derajat.

Agar tidak fatal akibat berlebihan dalam mengorek lubang buang, dianjurkan mencoba mengikis lubang buang pakai 81 derajat dulu. Artinya posisi lubang buang masih jauh dari TMA. Jadi, kalau kelewatan akibat keenakan mengorek, masih aman, palingan berada di angka 80 atau 79 derajat. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular