Apa Semua Piston Memiliki Offset ?

Motorplus - Rabu, 31 Agustus 2016 | 17:16 WIB

Apa semua piston memiliki offfset? Maksudnya offset piston yang digunakan pabrikan untuk mengurangi friksi atau gesekan selama piston bekerja. Offset piston ini membuat jarak antara pen piston ke dinding piston pada sisi ex, dilanjutkan ke sisi in-nya ada beda sekian milimeter. Nah, itu yang dinamakan offset.

Namun memang tak semua piston motor menganut offset. Artinya, ada yang posisi pin pistonnya benar-benar berada di tengah. "Seperti di Satria F-150 karbu. Memang bikin suara mesin jadi lebih halus, namun piston tanpa offset tidak akan tahan putaran tinggi. Paling maksimal hanya 12.500 rpm. Di atas itu stang seher rawan putus. Makanya, BRT ngeluarin piston buat F-150 dengan offset 0,7 mm. Aman buat digeber di atas 12.500 rpm," ungkap bos Bintang Racing Team, Tomy Huang.

Nah, pertanyaan apa semua piston memiliki offset sudah terjawab. Sobat tinggal cari tahu spek piston yang digunakan di motor sobat. Jangan asal comot piston dari motor lain. Bisa jadi angka offset pistonnya berbeda yang membuat dinding piston gampang baret. Waspadalah! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular