Meredam Kecepatan di Tikungan 10 Sirkuit Red Bull Ring

Motorplus - Kamis, 11 Agustus 2016 | 22:14 WIB

Tak sedikit pembalap MotoGP yang sepakat kalau sirkuit Red Bull Ring, Austria punya karakter yang memanjakan kecepatan. Meski sirkuit sepanjang 4,3 km ini hanya memiliki trek lurus terpanjang 626 meter, tetapi beberapa tikungan bisa dilalui dengan kecepatan tinggi.

Maka untuk meredam kecepatan di tikungan 10 Sirkuit Red Bull Ring ini, lebar lintasan pun diperkecil. Dari sebelumnya yang 13 meter, dibuat menjadi 10 meter. Hal ini ditempuh berdasarkan kesepakatan FIM Safety Officer Franco Uncini setelah berdiskusi dengan beberapa pembalap yang tergabung di Safety Commision. Alasannya, tentu terkait dengan keselamatan alias safety.

Dengan jarak yang dipersempit jelang tikungan ke kanan ini, setidaknya selain racing line berubah, kecepatan motor juga menurun. Pastinya juga, tim dan pembalap kudu memikirkan ulang seting pacuan yang sebelumnya beberapa waktu lalu melakukan pengetesan di Red Bull Ring. Ya, apakah masih bisa dipakai atau butuh set up berbeda.

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular