Modifikasi Kawasaki Ninja R FFA Dari Bangkalan Sabet Podium Pertama

Motorplus - Kamis, 29 September 2016 | 05:05 WIB

Bangkalan Madura masih punya cerita dibalik suksesnya Ninja Tune up yang menjadi juara di 2 kelas berbeda, mengikuti kelas sport 2-tak 155 cc tune up dan Free For All (FFA) menjadikan Ninja milik tim T2M Banyu Biru wajib diwaspadai. Mengandalkan 3 pembalap berbeda yaitu Galang Riskhi, Ricko Bochel dan Gerry Percil nyatanya sanggup mengasapi lawannya dengan modifikasi Kawasaki Ninja R FFA dari Bangkalan yang sabet podium pertama menggandalkan CDI milik Suzuki RC tuh.

Aris sendiri sebagai mekanik yang berkolaborasi dengan Galang Riskhi mempercayakan CDI Suzuki RC lantaran tanpa limiter, dengan begitu didapatkan kurva pengapian yang lebih tinggi untuk menjaga putaran atasnya. “Sudah mencoba berbagai CDI, tapi saya pribadi lebih cocok dengan CDI RC. Pembalapnya pun juga lebih suka dengan CDI tersebut,” buka warga kawasan Randu Genengan Mojokerto, Jawa Timur yang modifikasi Kawasaki Ninja R FFA dari Bangkalan sabet podium pertama.

Selain CDI, modifikasi Kawasaki Ninja R FFA dari Bangkalan sabet podium pertama juga menyasar ke silinder head. Justru ini termasuk yang terpenting, volume kubah dibikin ukuran 16,5 cc dengan asumsi kompresi di kisaran 13,5 : 1 yang dirasa cocok untuk karakter 3 pembalap dan pas untuk melahap jalur 201 meter. Bagian karburator diisi merk PWK Airstrike 38 yang dikombinasikan dengan pilot jet 58 dan main jet 155.

“Tapi melihat trek dan kondisi suhu sirkuit juga, tapi untuk standar yang kebanyakan dipakai ya pilot dan main jet ukuran itu,” beber Galang.

Lubang exhaust

Untuk bertarung di kelas sport 2-tak 155 cc tune up, perubahan lubang exhaust dirasa paling cocok dan wajib dirubah untuk mengejar power di tiap perpindahan gigi. Makanya Aris merubah tinggi menjadi 28 mm dengan lebar 42 mm.

“Bisa dikatakan perubahan di exhaust juga penting, makanya ubahan ini juga diaplikasi oleh mekanik lain tapi ukurannya tergantung pembalap dan mekanik masing-masing,” terang pria yang bisa dikontak di nomor 085648255019.

Data Modifikasi
Ban : IRC Eat my Dust, 50/90-17
Koil : YZ125
Knalpot : Creampie
Karburator : PWK Airstrike 38
Membrane : V-Vorce 3
Final gir : 13-38 (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular