Modifikasi Karbu Yamaha Jupiter GrassTrack Lokal Hero

Motorplus - Jumat, 4 November 2016 | 16:59 WIB

Pengatur buka tutup klep, ditata ulang profilnya untuk dapatkan power gede di kitiran bawah sampai atas. “Durasi bagian masuk dibikin sebesar 278°. Rinciannya, katup isap membuka di 36° sebelum TMA dan nutup di 62° setelah TMB,” cocor Imam. Sedang bubungan kem ex diset berdurasi 279°, dimana membuka klep buang pada 63° sebelum TMB dan menutup 36° setelah TMA.

Di kelas bebek standar, ada pembatasan pemakaian komponen sistem pengapian. Koil diwajibkan standar. “Untuk magnet juga harus standar. Tapi, boleh dilakukan pembubutan. Nah, di Jupiter ini magnetnya dibubut sampai tinggal 700 gram. Lalu agar kualitas apinya bagus, CDI-nya diganti pakai punya Mio,” sambung mekanik yang kerap menangani motor-motor tim besar di grasstrack.

Komponen pengkabut bahan bakar juga diwajibkan standar. Hanya boleh dilakukan reamer untuk menambah debit udara dan bahan bakar menuju ruang bakar. Seting pilot jet dan main jetnya dipilih ukuran 35/130, “Untuk kondisi tertentu, main jet kita pasangkan ukuran 135. Terutama saat panas terik,” bisik Imam yang saat ini sedang menyiapkan motor untuk main di road race. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular