Baterai Sering Drop Coba Cek Tegangan Pengisian

Motorplus - Jumat, 18 November 2016 | 12:49 WIB

Baterai di sepeda motor anda sering drop dan tidak berumur panjang, jangan salahkan baterainya dahulu. Jika sudah ganti baterai masih tetap saja ngedrop berarti anda perlu melakukan pengecekan pada komponen-komponennya yang lain. Misalnya, jika baterai sering drop coba cek tegangan pengisian.

Tegangan pengisian baterai pada sepeda motor besarnya pasti lebih besar dari tegangan yang ada di baterai itu sendiri. "Tegangan baterai besarnya kisaran 12 volt sehingga tegangan pengisian harus lebih besar dari tegangan tersebut dan tidak boleh lebih dari 15,5 volt," beber Awaludin salah satu instruktur di AMTC Semarang.

Untuk pengecekannya cukup gampang. Sediakan alat ukur multitester untuk nengukur tegangan pengisian. Pertama kita ukur terlebih dahulu tegangan baterai dengan multitester. Hasil pengukuran jangan kurang dari 12 volt. Selanjutnya hidupkan mesin dan gas sampai putaran mesin sekitar 5000 rpm dan kita hidupkan lampu jauh. Baru ukur kembali tegangan yang ada di baterai.

Jika normal tegangan akan naik diatas tegangan baterai dan dibawah 15,5 volt. Jika hasil pengukuran di luar itu berarti ada yang salah dengan sistem pengisian. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular