Atasi Bensin Motor Karbu Tidak Turun

Motorplus - Kamis, 24 November 2016 | 12:00 WIB

Jika bensin di motor tidak keluar atau tidak turun, sudah pasti motor tidak bisa hidup. Bagaimana bisa hidup kalau bahan bakarnya saja tidak ada. Nah, di motor yang masih menggunakan karburator kerap mengalami masalah ini. Lalu, bagaimana cara atasi bensin motor karbu tidak turun?

"Paling sering masalahnya ada di vakum bensin. Di motor bebek dan matic yang masih pakai karburator umumnya mengandalkan sistem pompa isapan vakum dari piston. Kalau sistem ini terganggu, otomatis bensin tidak akan turun atau mengalir dari tangki ke karburator," ucap Denny dari bengkel Bebek Racing di Jl. Raya Kalimulya, Depok, Jawa Barat.

Untuk masalahnya sederhana. Biasanya karena slang vakum bensin copot akibat guncangan ataupun hal lainnya. Dengan slang yang copot, otomatis tidak ada isapan yang membuat sistem vakum bensin bekerja. Selain copot, perhatikan juga kondisi lubang di slang maupun di intake manifold. Pastikan tidak ada kotoran yang menyumbat. Sebab, adanya kotoran juga bisa menghambat daya isap untuk membuat sistem vakum bensin bekerja.

Nah, sobat yang suka iseng bongkar motor sendiri harus perhatikan hal ini. Ingat posisi slang yang menempel di intake harus dipasang dengan baik sehabis dibongkar. Kalau tidak, motor bisa tidak hidup karena bensin tidak turun ke karburator. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular