Bikin Gir Untuk Mekanis Rem Belakang

Motorplus - Jumat, 23 Desember 2016 | 17:09 WIB

Seperti yang dijanjikan Em Plus pada profil Galuh Custom Ciamis yang akan mengulas salah satu hasil karya kreatifnya, kini sudah dapat sobat simak. Apa tuh? Nih bikin gir bekas untuk mekanik penggerak rem belakang. Karya ini lebih cocok diterapkan pada aliran custom atau chopper. Unik, nyentrik bisa jadi perhatian biker lain. Gerakan tuas rem terasa makin halus karena daya diteruskan oleh rantai yang menghubungkan  dan menggerakan 2 buah gir.

Caranya siapkan dua buah gir depan, tidak harus baru yang penting mata gir masih bisa menggerakan dan mengait rantai dan jumlah mata gir bebas. Rantai bekas panjang disesuaikan dengan jarak footstep ke tanah atau aspal. Terlalu panjang akan membahayakan. Satu gir dibuatkan dudukan menggunakan bos dan dilas permanent pada rangka. Gir yang satunya dipasang sejajar dengan gir pada rangka, bedanya pada letak pemasangannya yaitu pada footstep. Ujung salah satu rantai dibuatkan dudukan untuk mengaitkan tuas rem atau kabel rem. Setelah terpasang pengait rem, rantai dipasang pada gir untuk pemasangannya sobat pasti lebih faham.

Keuntungan menggunakan penggerak ini, selain gerakan tuas rem lebih halus untuk mengatur jarak main rem lebih mudah. Tahan tuas rem lepas rantai tari kemudian pasang sesuai stelan sobat. Gerak tuas bisa lebih halus dengan menggunakan bearing, jika ulasan di atas menggunakan bos sobat bisa coba alternatif dengan bearing. "Jika menggunakan bearing bisa lebih halus, saya menggunakan bos karena adanya itu, memanfaatkan barang bekas yang ada di bengkel, " jelas Gugun dari Galuh Custom. Untuk lebih jelasnya bisa konsul atau tanyakan barangkali siap order di no tlp 081388968788 (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular