Empat Penyebab Boros Bensin

Motorplus - Selasa, 31 Januari 2017 | 18:30 WIB

Secara tidak sadar, kebanyakan biker melalaikan tata cara berkendara yang baik dan benar. Efeknya ternyata justru membuat bahan bakar motor menjadi boros, ujungnya sampean bakal sering mendatangi pom bensin. Biar enggak rugi, yuk kita cari tahu empat penyebab boros bensin.

Menurut Ilham Wahyudi yang tidak lain adalah GM Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) Surabaya, justru beberapa prilaku biker di jalanan yang membuat boros BBM. Makanya ada beberapa rambu yang harus dicermati dalam berkendara.

“Ada empat penyebab boros bensin, diantaranya cara berkendara yang stop n go, memanaskan motor terlalu lama, tekanan angin dibawah standar dan membawa barang bawaan berlebihan yang melebihi kapasitas beban yang direkomendasikan,” ungkapnya.

Stop n go biasanya dilakukan kebanyakan biker yang suka memainkan gas, buka tutup gas seenaknya sendiri dan sering melakukan pengereman mendadak itu yang bisa membuat boros BBM. Kondisi jalan yang padat bahkan cenderung macet juga memaksa bikers stop n go. Otomatis konsumsi bensin juga jadi lebih boros dibandingkan jalan lancar.

Untuk warming up atau memanasi mesin jangan terlalu lama, normalnya sih biasanya sekitar 2 menit sudah cukup. Apalagi jika sudah dibekali injeksi bisa lebih cepat tuh, “Tekanan angina kurang membuat bobot yang ditopang ban berkurang, jadinya motor seakan dipaksa membawa beban berat. Sebaiknya perhatikan juga tekanan angin pada ban,” tambahnya.

Membawa barang berlebihan juga tidak disarankan, sama halnya seperti tekanan angina yang kurang tadi. Efeknya mesin bekerja terlalu berat, yang ujungnya bbm menjadi boros tuh. “Untuk tekanan ban sebaiknya mengikuti normalnya saja, sedangkan bobot maksimal disarankan sekitar 120 kg,” saran Ilham. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular