Led Bikin Hemat BBM? (Bagian 2 Habis)

Motorplus - Selasa, 11 April 2017 | 05:30 WIB

Itu baru di lampu utama, belum di sein. Sein (kiri-kanan, depan belakang) yang pakai bohlam biasa, menguras daya sekitar 21 watt. Sementara LED cukup 2,5 watt. Kecil kan? Nah.. lantas apa hubungannya dengan hemat bahan bakar? Aliran listrik di motor, salah satunya disuplay oleh komponen spul di magnet.

“Semakin kecil output dari spul, semakin kecil pula daya magnet yang diperlukan. Sehingga putaran kruk as juga jadi ringan. Simpelnya, mesin tidak terlalu terbebani, sehingga power lose di komponen magnet bisa dikurangi,” papar Muhammad Abidin, GM Aftersales Division PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM).

Dengan berkurangnya power loss di komponen magnet, otomatis mesin tidak membutuhkan banyak bahan bakar untuk tetap bekerja normal. Selain hemat bahan bakar, menggunakan lampu LED juga hemat dari segi perawatan. Karena massa pakai bisa lebih lama dibanding lampu konvensional.

Itulah sebabnya, mengapa motor sekarang banyak mengadopsi lampu LED! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular