Modifikasi Honda Blade Bikin Dian Primitha Kalahkan Pembalap Pria

Motorplus - Kamis, 13 April 2017 | 11:40 WIB

Ini dia rahasia modifikasi Honda Blade yang bikin joki cewek Dian Primitha mampu kalahkan pembalap pria di event balap resmi.

Gagal finish di kelas MP4 lokal justru dibalas Dian pada kelas MP4 Karisidenan yang berakhir podium diantara rider pria.

Tangisan di kelas berikutnya membuatnya podium 1 di kelas MP4 karisidenan, tapi yang bikin pembalap wanita Lamongan podium sebenarnya ada pada korekan mesinnya.

Yudhistira sang mekanik Honda RosVita Federal Oil KYT CLD ini sudah meracik Honda Blade milik Dyan spesial supaya putaran powernya merata mulai bawah hingga atas. Makanya pemilik start 12 ini lincah di putar balik.

“Kompresi dibikin kompresi 11,6 : 1 membuat RPM bekerja di angka 1200, itu yang membuat putar balik dan melibas trek lurus bisa beringas cocok dengan karakter Dian,” bilang pria yang sudah mulai fokus di motor injeksi ini.

Hasilnya, juara 1 di kelas bebek 4-tak Tune up Standar Pemula (MP4) karisidenan menjadi podium terindah wanita asal Lamongan ini.

Kompresi
Mengimbangi kompresi, durasi kem (in) juga dimainkan menjadi 275 derajat. Sedangkan untuk (ex) di angka 275 derajat. “Dipadukan klep milik KLX 250 ukuran 26 mm (in) dan 23 mm (ex) dengan batang 4,5 mm bikin semakin ringan dan bertenaga,” tambah pebengkel Kaisar Motor Surabaya yang ada di kawasan Perum Tamasa Sidoarjo, Jawa Timur.

Piston
Bagian piston sengaja dijejali milik Daytona Forging yang berdiameter 54, 5 mm dengan dome disesuaikan untuk mengimbangi kompresi, selain itu piston dibikin mendem sekitar 2 mm dari bibir silinder blok.
“Kepala silinder juga dipapas supaya lebih padat ketika bercampur dengan bensol dan udara yang dibakar,” jelasnya dengan menyebutkan lebar kubah head 41 mm.

Gigi ratio
Hasil risetnya dipilih gigi ratio milik YY Pang, perpaduannya 14/33, 18/24, 20/25, 23/23 yang membuat ringan perpindahan gigi. “Biasanya sih saya lihat karakter sirkuitnya dulu, tapi rata-rata pakai ukuran itu sih,” terangnya lagi.

Data Modifikasi
Karbu :  TM, Pilot 40, Main 235
CDI: Rextor Pro Drag
Knalpot : CLD
Ban : IRC
Kaisar: 085655345588 (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular