Persiapan Turing Jauh, 5 Apparel Safety yang Wajib Dipakai

Ryan Tambun - Senin, 12 Juni 2017 | 16:13 WIB

Dalam melakukan perjalanan jauh, yang lebih dari 2 jam dibutuhkan perlengkapan riding atau apparel yang safety, demi keamanan dan keselamatan sobat.

Namun selain safety, pemilihan apparel juga sebaiknya yang mampu membuat pengendara dan boncenger merasa aman.

Sobat pastinya enggak mau dong, apparel yang digunakan membuat stamina cepat turun.

Apparel yang aman dan nyaman, harus memenuhi beberapa aspek.

(BACA JUGA: Penangkapan Geng Klitih Jogja)

Setidaknya sudah melampaui pengujian dari pihak tertentu. Seperti memiliki sertifikasi DOT atau SNI pada helm. Lantas bagaimana dengan yang lainnya?

“Ketika melakukan perjalanan jauh dengan motor, tentu resiko buruk bisa saja menimpa kita. Untuk itu, harus bijak menyikapinya. Makanya, mulai dari proses perencanaan perjalanan, hingga sudah dalam perjalanan, wajib diperhitungkan,” ucap Jusri Pulubuhu, dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Pria yang menjabat sebagai Founder & Lead Instructor ini pun, coba memberikan arahan untuk dapat memilih apparel safety yang benar dan lengkap.

Berikut 5 apparel safety yang wajib dipakai untuk jalan jauh.

Helm

Sangat diwajibkan memakai tipe full face, karena tipe ini memberikan perlindungan maksimal kepada kepala. Pastikan pula helm tersebut sudah melewati serangkaian pengujian dari pihak yang kompeten untuk faktor safety-nya. Karena bila kepala mengalami benturan hebat, resikonya bisa geger otak atau bahkan koit (meninggal). Jadi, wajib menggunakan helm yang mampu meredam benturan pada bagian kepala dengan baik.

Jaket

Idealnya, pilih yang terbuat dari bahan Denim, yang dilengkapi protektor di bahu dan siku. “Jaket berbahan Denim, lebih memberikan kenyamanan dibanding berbahan kulit,” tambah pria 57 tahun ini. Selain itu, jaket berbahan Denim lebih cocok untuk daerah tropis seperti di Indonesia, karena tidak membuat badan cepat keringatan, yang bisa membuat stamina menurun.

Soal wajibnya jaket yang dipakai dilengkapi protektor, pasalnya bahu dan siku menurut banyak penelitian, merupakan bagian yang paling rentan terkena benturan saat terjadi kecelakaan.

Sarung Tangan

Sarung tangan yang baik, tentu yang mampu melindungi semua bagian tangan. Nah, khusus kelengkapan safety ini, sebaiknya pilih yang berbahan kulit. Karena bagian telapak tangan, sangat rentan menyentuh aspal terlebih dahulu. Protektor pada jari dan persendian juga harus diperhatikan.

Celana

Celana riding yang baik, yakni bisa menahan benturan dan gesekan saat rider terjatuh. Bahan Gortex bisa menjadi pilihan. Dan sebaiknya celana tersebut juga dilengkapi pula dengan protektor tambahan, terutama di bagian tulang kering dan lutut.

Sepatu Riding

Untuk bagian perlindungan kaki, sepatu dianjurkan yang tingginya di atas mata kaki. Karena lebih memberikan proteksi maksimal. “Tidak disarankan memakai sepatu sneakers apalagi sandal, karena sangat tidak safety. Kan sekarang sekarang sudah banyak dijual sepatu khusus riding,” tutupnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Ryan Tambun
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular