Trik Rubah Yamaha Xeon Karbu Jadi Injeksi

Ryan Tambun - Minggu, 9 Juli 2017 | 09:44 WIB

Afrizal yang kesehariannya memacu Yamaha Xeon, ingin tampil beda dengan mengaplikasi sistem pengabut bahan bakar injeksi. Maklum, Xeon miliknya masih aplikasi sistem karburator. Tidak seperti Xeon RC yang sudah injeksi.

“Gue ubah jadi injeksi, biar konsumsi bensin pun lebih irit dan tak perlu seting karbu lagi,” ucap Rizal yang tinggal di Pangkalan 1, Bantar Gebang, Bekasi Selatan, Jawa Barat. Mau tau apa saja ubahan yang sudah menghabiskan dana Rp 3,5 juta ini, simak sob.

THROTTLE BODY DAN INJEKTOR.

Part pengganti karbu, mengadopsi kepunyaan adik kandungnya yakni Xeon RC. “Throttle body dan kawan-kawannya gue pakai Xeon RC agar bisa langsung bolt on,” tambah pria yang juga tergabung di komunitas Matic 17 Kota Bekasi. Untuk injektor pun juga mengambil kepunyaan Xeon RC tanpa dilakukan penggantian dengan debit yang lebih deras.

KABEL BODY DAN PENGAPIAN.

Gak mau pusing, motor yang dibongkar sendiri di rumahnya dengan bantuan temannya ini juga mengaplikasikan kabel body Xeon RC original berkode 1LB. Wiring kabel body juga ditunjang dengan magnet bawaan Xeon RC berikut ECU. “Kalau magnet untuk injeksi, pick up pulsernya banyak karena juga sebagai sensor, kalau asli Xeon lama hanya 1 tonjolan pick pulser,” aku Rizal yang menjadi bos pengusaha kusen pintu ini.

BLOK SILINDER.

Agar gak ke tukang bubut untuk ubah ini itu, doi juga mengadopsi head silinder dan blok silinder pakai Xeon RC. Dengan menggunakan ini, dudukan intake pun langsung bisa klop. Enaknya lagi, pelatuk klep Xeon RC sudah memakai roller, jadi gesekan dengan noken as jadi lebih minim.

Agar aliran makin lancar, dilakukan porting polish di lubang in dan ex. Maklum, motor ini juga dipakai untuk turing jauh. Supaya bisa ngebut, sob. Pendingin radiator pun ada perbedaan antara versi karburator dengan injeksi, yakni adanya selang by pass menuju thermostat di dekat silinder untuk Xeon RC.

TANGKI.

Tempat penampungan bensin dan tempat fuel pump berada ini, bentuknya pun hampir sama dengan versi karburator. Jadi, hanya melakukan sedikit ubahan. “Ada bagian seperti plat pengunci di samping kiri dan kanan, digerinda saja. Kalau tidak dipotong, gak masuk ke dudukan rangka asli Xeon karbu,” tutup Rizal. (www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Ryan Tambun
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular