Bingung Cari Shim Tebal FU Pakai CBR 150

Teguh - Selasa, 18 Juli 2017 | 14:29 WIB

Shim adalah sebuah  benda kecil yang berada diantara pelatuk klep (rocker arm) dan klep (valve) pada Head Cylinder motor motor saat ini.

Biasanya Shim ini ada pada motor DOHC seperti klan CBR dan dan All New CB150R.

Benda kecil yang berfungsi jadi ganjal gap antar ujung klep dengan pelatuknya.

Kenapa harus dikasih shim?

(BACA JUGA :
Nih Cara Gampang Cabut Tappet/Tutup Shim Klep)

Shim ini sebagai tatakan yang membantu agar jarak kerenggangan atar valve atau klep dan pelatuknya (rocker arm) tetap sesuai standar.

Nah ada tips neh dari mekanik balap bagi yang ingin cari shim yang lebih tebal ukurannya dari aslinya kepunyaan Satria Fu.

Motor drag bike yang angka kemnya sudah tinggi biasanya butuh ketebalan shim yang bisa melewati batas ukuran shim standar satria FU.

"Nah bisa diakalin pakai shim CBR pekgo neh hanya lebih mahal sedikit harganya," jelas Yudha dari bengkel Sanz Motor, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Shim CBR 150 memiliki ukuran dari 1,2 mm sampai 2,9 mm sedangkan Shim Satria Fu 1,2 mm sampai 2,25 mm.

Jadi kalau untuk motor Satria Fu balap yang susah nyari shim ukuran tebal bisa comot tuh punya CBR 150, tapi harganya lebih mahal dari punya FU.

Harga shim Satria Fu biasanya dijual dengan Rp 25 ribu, sedangkan shim CBR 150 lebih mahal harganya  Rp 60 ribu.(www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Teguh
Editor : Hendra




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular