3 Langkah Tips Cegah Rem Depan Seret atau Bagel

Ryan Tambun - Kamis, 27 Juli 2017 | 06:05 WIB

Tidak sedikit yang mengeluhkan seret atau bagelnya handle rem depan, seperti di Honda seperti BeAT, Supra X125, Vario, dan sejenisnya.

Seperti dikeluhkan Dody Setiawan, pemilik Vario 125 2015 yang rem depnnya rem depannya kurang maksimal, dan saat handle ditekan seret.

“Terasanya di tahun kedua pemakaian, remnya tidak smooth, gara-gara ini pernah nabrak deh,” keluhnya. Saat iseng baca service manual, seharusnya master rem tersebut perlu diberi grease.

Katanya master rem seret atau bagel, karena gesekan antara piston rem dengan rumah master tidak terlumasi.

(BACA JUGA: Upgrade Performa Yamaha F1Z-R Tembus 160 KM/Jam di Trek Lurus Sentul)

Makanya, lakukan tips 3 langkah ini supaya rem depan enggak muncul gejala seret ataupun bagel.

1. LUMASI GEMUK AS MASTER REM

Tenang sob, enggak usah ganti! Cukup lumasi pakai gemuk atau grease as master rem, yang berada di belakang karet boot supaya rem enggak bagel ataupun seret.

“Di service manualnya pun bagian ini harus dilumasi, secukupnya saja,” tambah Dody yang suka ngebengkel di rumahnya di Perumahan Papan Mas, Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

Kering as master rem menyebabkan gerakan master rem akan seret atau bagel karena kering.

Penulis : Ryan Tambun
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular