4 Cara Aman Menikung

Candra - Selasa, 1 Agustus 2017 | 05:38 WIB

Masalah sepele biasanya datang dari kebiasaan yang tidak kita sangka, sama halnya di pengetahuan cara menikung yang salah.

Toh beberapa kasus yang terjadi justru banyak yang jatuh ketika menikung atau berada di tikungan.

Untuk itu Dimas Satria Instruktur dari PT Mitra Pinasthika Mulia memberika pengetahuan tentang menikung.

(BACA JUGA : Posisi Nyaman Berkendara Dikala Lakukan Riding Jauh)

“Sepele, tapi tanpa disadari kita mengabaikannya tuh yang berujung jatuh dari motor,” bilang Dimas.

Adapun beberapa pengetahuan tentang menikung bakal dibeberkan Em-Plus nih.

1. Kurangi kecepatan berkendara, biasanya ini untuk mengantisipasi ada kendaraan di tikungan yang tidak bisa terlihat oleh pengendara. Makanya sebaiknya mengurangi kendaraan atau menjaga ritme laju motor supaya masih bisa dikendalikan.

2. Posisi mata melihat arah yang dituju, ini ditujukan supaya kita bisa melihat ada atau tidak kendaraan di arah kita akan belok. Tapi jika terhalang bangunan atau tembok sebaiknya kurangi kecepatan, supaya lebih aman.

3. Posisi badan, ada baiknya posisi bada ketika menikung mengikuti arah motor. Jika melawan justru ini mengurangi keseimbangan motor ketika berkendara, tapi ingat menikung sewajarnya saja.

4. Jangan menggunakan rem depan, ini yang paling bahaya. Secara tidak sadar beberapa pengendara menggunakan rem depan ketika menikung, justru dikhawatirkan ada pasir atau jalan tidak rata. Yang ada sampean bakal terjatuh jika menggunakan rem depan tuh.

(www.motorplus-online.com)

Source : MOTOR Plus
Penulis : Candra
Editor : Hendra




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular