Skubek Injeksi Yamaha, Buka Per Lebih Jos!

Motorplus - Kamis, 6 November 2014 | 07:30 WIB

akali dengan sedikit modifikasi

Buat para pengguna skubek injeksi Yamaha seperti Mio J, Mio GT, Soul GT, Xeon 125 RC dan GT 125, jangan khawatir tarikan skubek ente loyo pada putaran mesin awal. EM-Plus punya solusinya nih! Dijamin tarikan skubek injeksi keluaran pabrikan garputala ente bakal makin joss gandos. Mau tau triknya? Yuk, simak berikut ini!

Umumnya, pada throttle body (TB) skubek injeksi Yamaha terdapat 2 katup kupu-kupu yang akan terbuka secara bergantian. Yaitu, katup primer (upstream throttle body) dan katup sekunder (downstream throttle body). Katup primer ini terletak di moncong TB yang mengarah ke filter udara. Sementara katup sekunder posisinya di dekat intake manifold.

Kedua katup tersebut, saat stasioner atau idle posisinya tertutup semua. Udara dipasok dan dikontrol melalui idle speed control (ISC). Ketika grip gas dipelintir kurang dari 10° (putaran mesin di bawah 5.000 rpm), hanya katup primer saja yang terbuka. Sementara katup sekunder masih tertutup. Saat itu, udara yang masuk ke ruang bakar hanya melalui saluran air assist passage (ASP).

Nah, ketika putaran mesin masuk di atas 5.000 rpm, katup sekunder mulai terbuka, dan udara mulai mengalir dalam venturi TB menuju ruang bakar. Sementara saluran ASP perlahan-lahan mulai tertutup alias tidak berkeja lagi seiring gas dibuka penuh.

Penerapan tersebut menurut bagian technical service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (APM) motor Yamaha di Indonesia, bertujuan untuk efisiensi bahan bakar. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular