Keyless Bermasalah Awas Kena Jammer

Motorplus - Senin, 21 Agustus 2017 | 16:01 WIB

Jammer merupakan kejadian dimana suatu frekuensi bertabrakan dengan frekuensi lainnya.

Frekuensi tersebut dapat mengakibatkan frekuensi dari remote keyless yang diusung motor-motor seperti Suzuki GSX-R150 dan Yamaha Aerox 155 tidak dapat berfungsi.

Kejadian ini, biasa juga terjadi pada mobil-mobil yang telah menggunakan teknologi Immobilizer saat parkir di tempat-tempat tertentu.

Terutama, di daerah yang dekat dengan tower pemancar sinyal, pemancar radio, atau tower listrik yang memiliki frekuensi, sinyal atau gelombang yang kuat.

“Untuk Aerox 155 dan XMAX untuk Indonesia sudah disesuaikan frekuensinya. Masing-masing negara pun frekuensi berbeda-beda,” bilang Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Kejadian ini dialami oleh Fariz di group Facebook Suzuki GSX-R 150 Indonesia (02/08).

Pesan ini langsung direspon oleh Aloysius Dimas Permana, yang juga adalah member SUGOI (Suzuki GSX Owner Indonesia).

“Kebetulan waktu itu, saya di daerah sekitar lokasi kejadian, yaitu di Brownies Amanda di Jl. Kutai, di sebelah Rumah Sakit Katolik St. Vincentius A Paulo (RKZ) Surabaya. Saya coba samperin salah satu member SUGOI yang sepertinya bermasalah dengan remote keyless-nya,” kisah Luis sapaan pembesut GSX-R150 warna biru tahun 2017 itu.

“Saat saya sampai di tempat, saya pun mengunci setang GSX-R saya. Tapi, lampu kecil warna biru berkedip lama, gak mati-mati (dekat keyless). Karena kelamaan nunggu (sekitar 1 menit), saya langsung balikin posisi lurus (posisi off), terus saya kunci stang lagi. Beres lampu biru berhenti berkedip…” lanjut Luis.

Menariknya, tukang parkir yang ada di situ berkomentar, kalau beberapa waktu sebelumnya ada pengendara motor Yamaha Aerox 155 yang juga mengalami masalah sama.

Source : MOTOR Plus
Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular