Begini Penggunaan Lampu Hazard Yang Benar, Bikers Wajib Tahu..

Arseen - Senin, 23 Oktober 2017 | 21:02 WIB
Rizky
Begini nyala hazard di lampu belakang Yamaha Mio S

MOTOR Plus-online.com - Fitur lampu hazard umumnya ada di motor-motor berkapasitas cc besar. Dan baru-baru ini juga ada di motor cc kecil seperti Yamaha All New R15, V-Ixion, bahkan hingga Mio S.

Nah, bagi pemilik motor berfitur lampu hazard, bisa jadi belum tahu betul fungsi lampu ini.

Sehingga kadang banyak yang mengaktifkannya saat motor berjalan lambat, saat kondisi hujan, atau bahkan berjalan beriringan alias konvoi.

Penggunaan lampu hazard sebenarnya hanya diperuntukkan dalam keadaan darurat, seperti misalnya saat ada gangguan mesin dan motor harus menepi di pinggir jalan.

(BACA JUGA: Paolo Simoncelli Bikin Tim Balap Tepat 6 Tahun Kepergian Marco Simoncelli)

"Lampu hazard hanya digunakan pada keadaan darurat saja, seperti ketika motor mogok di jalan. Jadi tidak dibenarkan menyalakan hazard ketika berjalan lambat atau keadaan hujan. Hal itu justru akan membuat pengendara di belakangnya bingung," kata Cahyadi, Service Advisor Yamaha Amie Jaya Motor, Sukmajaya Depok.

Hati-hati juga jika anda berniat memasang fitur lampu hazard di motor kesayangan, sebab jika tidak sesuai, maka akan menggugurkan garansi kelistrikan motor.

"Kalau pemasangan merusak atau perlu memotong kabel, otomatis akan menggugurkan garansi kelistrikan," pungkas Cahyadi.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.