Mengenal Kelistrikan Half Wave dan Full Wave, Banyak Yang Salah Kaprah

Indra Fikri - Sabtu, 20 April 2019 | 15:15 WIB
Farhan
Yamaha NMAX dengan projector headlamp

MOTOR Plus-online.com - Seiring merebaknya penggunaan aksesoris yang membuat beban aki bertambah, semakin banyak juga yang mengeluhkan akinya tekor.

Rata-rata, banyak bikers yang menambahkan beban aki tanpa mengubah sistem kelistrikannya alias masih Half Wave (HF) belum Full Wave (FW).

Apa sih HW dan FW? Mari kita simak penjelasan dari Dwi Hatmoko, salah satu mekanik dari bengkel spesialis kelistrikan Hokiedokie.

Sistem HW biasa juga disebut kelistrikan semi DC.

Baca Juga : Bikin Penasaran, Begini Tampang Matic 150 Cc Terbaru yang Lebih Murah dari NMAX, Rangkanya Aja Baja

Baca Juga : Resahkan Warga, Pemotor Gak Tau Malu Lawan Arah di Depok Bikin Macet

Itu, bisa dilihat dari suplai arus listrik pada bohlam lampu utama dan senja masih mengambil dari jalur spull (Generator).

Sedangkan, sistem FW menggunakan seluruh kemampuan spull untuk menangani seluruh beban kelistrikan melalui kiprok dan aki.

“DC itu, belum tentu full wave. Tapi, full wave sudah pasti DC," buka mekanik yang bermarkas di Kp. Buaran Jaya, Bekasi, Jawa Barat.

"DC itu hanya berlaku di lampu utama, dibilang DC karena beban kelistrikan di lampu utama mengambil langsung dari aki,” jelas Dwi.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular