Bikers Wajib Tahu, Faktanya Virus Corona Lebih Mudah Infeksi Laki-laki Dibanding Perempuan, Begini Penjelasannya...

Erwan Hartawan - Selasa, 12 Mei 2020 | 15:10 WIB
REUTERS/P. Ravikumar
Inspektur Polisi Rajesh Babu, sembari mengenakan virus corona, memperingatkan warga yang masih keluar rumah di tengah lockdown pada 28 Maret 2020 di Chennai.

MOTOR Plus-Online.com - Bikers nampaknya belum sadar ternyata statistik menunjukan angka kematian virus corona lebih banyak menyerang pria dibanding wanita.

Seperti di Amerika, jumlah pria dua kali lebih banyak yang meninggal karena virus dibanding wanita.

Enggak hanya di Amerika, pola tersebut juga terjadi di China dan negara lainnya termasuk di Indonesia.

Beberapa hal dianggap menjadi sebab, terkait kenapa jumlah laki-laki yang terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 lebih banyak dibandingkan perempuan.

Baca Juga: Meski Transportasi Umum Kembali Aktif, Polisi Tegaskan Mudik di Tengah Pandemi Corona Dilarang

Baca Juga: Apa Maksudnya NIh? Valentino Rossi Dibilang Orang Beruntung Sama Maverick Vinales, Gara-gara Ngegas Motor Terus

Dilansir dari SCMP (11/5/2020) salah satu hal yang menjadi alasannya adalah karena laki-laki memiliki kadar enzyme 2 (ACE 2) yang lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Karena enzim inilah pria diduga lebih mudah terinfeksi penyakit dibanding wanita, serta memiliki komplikasi parah atau kritis jika terinfeksi.

Penelitian ini dituangkan dalam The European Heart Journal.

Adriaan Voors, seorang profesor kardiologi di University Medical Center (UMC) Groningen di Belanda, yang ikut memimpin penelitian ini bersama timnya mengukur konsentrasi ACE2 dalam sampel darah yang diambil dari lebih 3.500 pasien gagal jantung di Eropa.

Baca Juga: Asyik di Masa Corona Bebas Denda Pajak Kendaraan dan BBN Diperpanjang Sampai 30 Agustus 2020 Buruan Urus

Penelitian awalnya dimulai sebelum pandemi, sehingga pasien-pasien ini bukanlah pasien virus corona Covid-19. Tapi saat peneliti lain mulai menduga ACE 2 sebagai cara virus corona masuk ke dalam sel,

Voors dan timnya melihat adanya korelasi yang menurut mereka penting.

"Ketika kami menemukan bahwa salah satu biomarker terkuat, ACE2, jauh lebih tinggi pada pria daripada wanita, saya menyadari bahwa ini memiliki potensi untuk menjelaskan mengapa pria lebih mungkin meninggal akibat Covid-19 daripada wanita," kata Iziah Sama, seorang dokter di UMC Groningen yang ikut memimpin penelitian ini.

ACE 2 merupakan reseptor pada permukaan sel yang akan berikatan dengan virus corona baru dimana memungkinkannya untuk masuk dan menginfeksi sel.

Baca Juga: Akibat Harga Minyak Dunia Anjlok dan Pandemi Corona, Begini Nasib Bensin Swasta di Indonesia

Sama dan Voors mencatat, enzim ini ada di paru-paru dapat ditemukan di jantung, ginjal dalam jaringan yang melapisi pembuluh darah, dan dalam kadar yang sangat tinggi ia ditemukan di testis.

Menurut mereka kehadiran ACE 2 di testis mungkin menjelaskan mengapa konsentrasi ACE 2 lebih tinggi pada pria dan mengapa kemudian pria lebih rentan.

Studi yag dipublikasikan di Europan Heart Journal ini juga menemukan bahwa penggunaan obat ACE inhibitor yang biasanya diresepkan untuk jantung, diabetes dan penyakit ginjal aman digunakan.

Selain pengaruh enzim ACE 2, sejumlah faktor lain diduga juga mempengaruhi.

Baca Juga: Bikers Harus Tahu, PSBB Dinilai Kurang Efektif, Bali Tekan Penyebaran Wabah Corona dengan Cara Ini

Melansir dari Kompas.id, faktor sosial utamanya dalam hal perilaku dianggap memberikan pengaruh besar kepada jumlah kematian laki-laki karena Covid.

Faktor tersebut terkait dengan kebiasaan merokok yang dominan pada lelaki serta kebiasaan malas cuci tangan.

”Merokok meningkatkan risiko penyakit komorbid, seperti jantung dan radang paru, sehingga menambah dampak infeksi Covid-19. Rokok juga menyebabkan sel imunitas terganggu,” kata Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto.

Sementara itu melansir dari New Scientist, kemungkinan lain adalah adanya perbedaan kekebalan tubuh atau imunitas.

Baca Juga: Langsung Jadi Incaran, Efek Wabah Corona Harga Motor Matic Bekas Alami Penurunan, Harga Yamaha NMAX Tetap Stabil

“Ada perbedaan substansial dalam sistem kekebalan antara pria dan wanita dan ini memiliki dampak signifikan pada hasil dari berbagai penyakit menular," kata ahli imunologi Philip Goulder di University of Oxford.

Wanita memiliki dua kromosom X per sel sedangkan pria hanya memiliki satu.

Padahal sejumlah gen kekebalan yang penting terletak di kromosom X, khususnya gen untuk protein yang disebut TLR7 yang mampu mendeteksi virus RNA untai tunggal seperti virus corona.

Sehingga respon imun terhadap coronavirus pada wanita lebih baik dibanding pria.

Baca Juga: Perangi Virus Corona, Skywave Owner Club Blusukan Ke Pasar Tradisional bagikan Masker Gratis 

Ada juga hal lain yang diduga membuat wanita lebih kuat dalam menghadapi virus corona, hal ini karena hormon seks wanita seperti estrogen dan progesteron yang dimilikinya, diduga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mengapa Laki-laki Lebih Mudah Terinfeksi Corona Dibanding Perempuan?

Source : Kompas.com
Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular