Pemotor Waspada, Ada Puluhan Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu Saat Mudik Lebaran

Indra Fikri - Selasa, 19 April 2022 | 18:25 WIB
Tribunjateng.com
Pemotor wajib waspada, ada puluhan perlintasan kereta api tanpa palang pintu rawan kecelakaan saat mudik lebaran.

MOTOR Plus-online.com - Pemotor wajib waspada, ada puluhan perlintasan kereta api tanpa palang pintu rawan kecelakaan saat mudik lebaran.

Puluhan perlintasan kereta api tanpa palang pintu ini terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo menyebut 24 lokasi tersebut di sepanjang rel KA Daops VI Yogyakarta mulai Palur, Kebakkramat serta di wilayah Gondangrejo.

"Ada 3 titik perlintasan tanpa paling di Jaten, 7 di Kebakkramat dan 14 di Gondangrejo," kata Danang, dikutip dari TribunSolo.com, Selasa (19/4/2022).

Danang menambahkan, seiring tingginya intensitas perjalanan KA selama arus mudik dan mobilitas kendaraan, dibutuhkan upaya mengantisipasi kecelakaan akibat tertabrak KA.

Menurut dia, puluhan titik tersebut diperlukan koordinasi dan kerja sama antar instansi.

"Diperlukan tambahan penerangan di perlintasan, pemasangan rambu serta informasi jadwal KA melintas, selain itu pemerintah dapat menyiagakan petugas," tambahnya.

Ia mengatakan jadwal KA saat ini cenderung lebih tertib.

Baca Juga: PT Pelni Siapkan 2 Kapal Laut Untuk Program Mudik Gratis Buat Pemotor

Sehingga informasi jam KA melintas dapat dijadikan acuan masyarakat yang ingin menyeberang.

"Petugas jaga juga harus hafal jam-jam KA melintas," ungkap Danang.

Plt Kepala Satpol PP Karanganyar, Yopi Eko Jatiwibowo mengatakan ratusan personelnya siap membantu mengamankan situasi lalu lintas dan kamtibmas saat Lebaran.

Dia menyebut ada 325 personel yang dikerahkan untuk membantu personel gabungan dalam mengamankan situasi mudik dan balik lebaran.

"Kami memiliki banpol yang bertugas di kecamatan, mereka bisa diperbantukan untuk menjaga dan mengamankan di perlintasan kereta tanpa palang," jelas Yopi.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Waspada! Ada 24 Perlintasan Tanpa Palang Pintu di Karanganyar, Rawan Kecelakaan saat Mudik Lebaran 

Source : TribunSolo.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.