Inilah Alasan Motor Matic Terbaru Tidak Menggunakan Kick Starter

Harits Suryo - Kamis, 12 Mei 2022 | 12:05 WIB
AHM
All New Honda Vario 160.

MOTOR Plus-online - Inilah alasan banyak motor matic terbaru tidak menggunakan kick starter.

Seperti bikers ketahui atau sering melihat motor matic 150 keluaran terbaru tidak dilengkapi dengan kick starter.

Bahkan ada motor dengan cc 125 yang tidak menggunakannya.

Pasti banyak bikers kawatir saat aki tekor dan motor tidak bisa dinyalakan, karena motor matic tidak bisa menyala dengan di dorong kan.

Jadi pemilik kendaraan yang tidak memakai kick starter harus selalu mengecek kondisi aki, agar motor dapat menyala secara optimal.

Reza Rezdie dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, di motor seperti Honda Vario 160 ada indikator baterai atau aki, di bagian spidometernya juga terdapat angka tegangan aki.

"Kita bisa tahu sisa tegangan baterai aktual pada motor Vario 160 sisa berapa. Di bagian odometer bisa diganti-ganti dengan tombol yang sudah disiapkan, akan ketahuan kondisi aktual volt meter. Tidak perlu lagi menambah part aftermarket voltmeter," ujar Reza, dalam konferensi virtual (7/4/2022).

Reza menyarankan buat pemilik terkait kondisi aki, jika indikator baterai menyala dan tegangannya 11,6 volt (dari normal sekitar 12 volt), maka motor tetap bisa dinyalakan tapi akan ada indikator baterai warna merah.

Baca Juga: Pasang Alarm di Motor Injeksi Efeknya Bikin Aki Tekor? Nih Penjelasannya

"Artinya kondisi baterai rendah/ngedrop, tapi motor masih bisa dihidupkan dengan lancar. Disarankan untuk tidak mengaktifkan ISS (Idling Stop System). Ini sebagai anjuran bahwa dikhawatirkan usia pakai baterai sudah waktunya ganti,” ujar Reza.

Source : Kompas.com
Penulis : Harits Suryo
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular