Perbadingan Stok Pertamax saat Sebelum dan Sesudah Mengalami Kenaikan di Kota Solo

Harits Suryo - Kamis, 2 Juni 2022 | 13:11 WIB
Ilustrasi SPBU

MOTOR Plus-online - Perbandingan stok Pertamax yang dimiliki SPBU sebelum dan sesudah mengalami kenaikan harga di SPBU kota Solo.

Bensin jenis Pertamax merupakan bensin yang dianjurkan oleh banyak produsen kendaraan motor.

Akan tetapi pada tanggal 1 April 2022, Pertamax mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari sebelumnya Rp 9.400 per liter menjadi Rp 12.500 per liter.

Dan Pertamina menyediakan pilihan bensin bersubsidi yang lebih murah yaitu Pertalite.

Akan tetapi antara Pertamax dan Pertalite memiliki nilai oktan yang berbeda, Pertalite dengan RON 90 dan Pertamax dengan RON 92.

Karena Pertalite merupakan bensin bersubsidi dengan begitu penyaluran Pertalite juga dibatasi sesuai dengan kuota yang ditetapkan pemerintah.

Berbarengan dengan itu, pemerintah dan Pertamina juga menyusun petunjuk teknis untuk pembelian Pertalite yang saat ini menjadi BBM Khusus Penugasan menggantikan Premium.

"Kajiannya (terkait aturan pembelian Pertalite) sedang finalisasi dibantu oleh tim dari perguruan tinggi," ujar Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman, dikutip dari Money.Kompas.com, Selasa (31/5/2022).

Status Pertalite sebagai BBM penugasan yang mendapatkan subsidi, akan diawasi oleh pemerintah, baik dari segi produksi dan penyalurannya.

Baca Juga: Cek Stok Bensin Pertalite dan Pertamax di SPBU Kota Bekasi, Begini Faktanya

Source : Kompas.com
Penulis : Harits Suryo
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular