Honda ADV 160, PCX 160, Yamaha NMAX Waspada, Suzuki Luncurkan Motor Baru Burgman Listrik

Muhammad Farhan,Indra Fikri - Selasa, 5 Juli 2022 | 20:55 WIB
indianautosblog.com
Suzuki siap luncurkan motor listrik berbasis Burgman

MOTOR Plus-online.com - Honda ADV 160, PCX 160 dan Yamaha NMAX harus waspada, Suzuki segera meluncurkan motor baru Burgman listrik.

Terlihat dari gambar paten yang beredar, basis desain motor listrik yang akan dipakai adalah Suzuki Burgman Street 125.

Bedanya mesin dan knalpot ditiadakan, berubah menjadi baterai dan motor penggerak listrik.

Selain itu suspensi belakang tunggal pun kini jadi ganda, tentu efek faktor bobot perangkat motor listrik yang lebih berat.

Perbedaan paling kelihatan ada di bagian roda belakang, tampaknya posisi motor penggerak ada di tengah rangka dan terhubung ke roda dengan sistem rantai.

Motor penggerak listrik yang dipakai menganut sistem AC, terhubung dengan perangkat inverter DC-AC yang berfungsi mengubah output baterai DC menjadi AC.

Supaya pasokan tegangan listrik dari baterai tetap stabil, terdapat juga perangkat konverter DC-DC yang terpasang di sisi baterai.

Posisi baterainya sendiri diyakini bakal ada di area tengah motor, sehingga efeknya bakal mengurangi total kapasitas bagasi jok.

Baca Juga: Bocor Gambar Paten Motor Listrik Suzuki Berdesain Burgman, Penantang Yamaha E01?

Berdasarkan gambar paten tersebut, diprediksi kalau motor Suzuki Burgman Electric ini pakai sistem baterai fix mirip Yamaha E01.

Tapi enggak menutup kemungkinan kalau Suzuki bakal mengubah sistem baterainya jadi model swap supaya bisa dilepas pasang.

Sebab pabrikan tersebut diketahui juga telah menandatangani perjanjian program sistem swap baterai bersama tiga pabrikan Jepang lainnya.

Motor listrik Suzuki Burgman Electric diprediksi bakal hadir duluan di pasar India sebagai basis pengembangan produk ini.

greatbiker
Gambar paten desain Suzuki Burgman Electric

Source : GridOto.com
Penulis : Muhammad Farhan
Editor : Joni Lono Mulia

Video Pilihan




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular