Nilai Tukar Rupiah Melemah Sampai Titik Terendah, Bagaimana dengan Harga Motor di Indonesia?

Aditya Prathama - Rabu, 6 Juli 2022 | 21:30 WIB
Motorplus
Ilustrasi dealer motor Honda.

Motor Plus-online.com - Nilai tukar rupiah melemah sampai titik terendah di bulan Juli 2022, Apa dampaknya bagi harga motor di Indonesia.

Nilai tukar saat ini  sedang melemah terhadap dollar AS di pasar spot.

Bahkan, sudah menembus level Rp 15.000 per dollar AS.

Dikutip dari data Bloomberg pukul 13.35 WIB, kurs rupiah berada di level Rp 15.014 per dollar AS, atau melemah 0,14 persen dari level penutupan perdagangan kemarin yang ada di level Rp 14.993 per dollar AS.

Mengutip Kompas.com Ekonom Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Bhima Yudhistira mengatakan tekanan pada nilai tukar rupiah ini baru permulaan dari serangkaian tekanan global terhadap perekonomian Indonesia.

"Pelemahan nilai tukar rupiah baru permulaan, tekanan berikutnya terjadi saat kenaikan Fed rate," ujar Bhima kepada Kompas.com, Rabu (6/7/2022).

Dia menjelaskan, saat ini kondisi pasar uang dunia tengah khawatir akibat adanya sinyal resesi ekonomi global.

Salah satunya, proyeksi Citigroup yang menyatakan risiko dunia mengalami resesi kini sebesar 50 persen dalam 18 bulan ke depan.

Baca Juga: Ingat Perpanjang SIM Siapkan Uang 3 Kali Lipat Karena ada Biaya Tes Kesehatan dan Asuransi Segini Biayanya

Di saat yang bersamaan, Bank Indonesia (BI) masih menahan suku bunga acuan padahal tel ah terjadi kenaikan inflasi Juni 2022 sebesar 4,35 persen.

Source : Kompas.com
Penulis : Aditya Prathama
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular