Kata Siapa Cuma Pertalite dan Solar yang Disubsidi, Segini Jumlah Subsidi Pertamax

Galih Setiadi - Sabtu, 27 Agustus 2022 | 22:10 WIB
Warta Kota
Foto ilustrasi motor isi Pertamax. Segini jumlah subsidi Pertamax, enggak cuma Pertalite dan Solar.

MOTOR Plus-online.com - Ternyata enggak cuma Pertalite dan Solar yang disubsidi, Pertamax juga termasuk jumlah subsidinya sampai segini buruan cek.

Kalau menurut brother cuma Pertalite dan Solar yang dapat subsidi dari pemerintah, itu keliru, bro.

Yup, Pertamax yang bukan merupakan jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi seperti Pertalite dan Solar, rupanya juga disubsidi oleh pemerintah.

Bukan tanpa alasan pemerintah memberikan subsidi dari pemerintah, yuk simak sampai habis.

Perlu brother pahami, subsidi Pertamax diberikan karena adanya lonjakan harga minyak mentah melampaui proyeksi APBN 2022, Energy Information Administration (EIA), serta konsensus pasar.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (26/8/2022).

"Pertamax sekalipun yang dikonsumsi oleh mobil-mobil yang biasanya bagus, berarti yang pemiliknya juga mampu, itu setiap liternya mendapat subsidi," ujarnya mengutip Kompas.com.

Berdasarkan asumsi APBN yang telah ditetapkan dalam Perpres 98 Tahun 2022, harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) sebesar 100 dollar AS per barrel.

Baca Juga: Harga Pertalite Naik Bikin Emosi BEM Sedang Siapkan Gerakan Penolakan dan Tepat Sasaran

Sementara EIA memproyeksi 104,8 dollar AS per barrel dan konsensus pasar sebesar 105 dollar AS per barrel.

Source : Kompas.com
Penulis : Galih Setiadi
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular