Keren, Aspal Bisa Jadi Obat Turunkan Suhu Udara Perkotaan yang Panas

Erwan Hartawan - Rabu, 14 September 2022 | 09:55 WIB
Tribunnews.com
Ilustrasi mahasiswa UGM buat Inovasi aspal untuk turunkan panas

MOTOR Plus-Online.com - Keren nih, Sekelompok mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) punya inovasi pemanfaatan aspal menjadi obat penurun suhu panas udara.

Ide ini diusung oleh tim PKM Video Gagasan Konstrukif (VGK) UGM yakni Fikru Shidqi Helmi (Teknik Sipil 2020), Hakan Malika Anshafa (Teknik Sipil 2020), Octa Elwan Ibrahim (Teknik Sipil 2020), Nabila Alma Maharani (Teknik Sipil 2020), dan Syifa Husnun Nissa H. T. (Kimia 2021).

Menurut Fikru cara kerjanya dengan menyerap panas pada permukaan aspal menggunakan cairan.

"Asphalt Thermal Collector ini merupakan suatu inovasi mengurangi UHI dengan cara menyerap panas pada permukaan aspal menggunakan cairan yang mengalir di dalam pipa," jelas Fikru dikutip dari lama resmi UGM

"Dengan menurunnya suhu pada aspal, suhu kota sekitarnya turut menurun atau lebih sejuk dari sebelumnya," sambungnya.

Ia kemudian menjelaskan ide penerapan Asphalt Thermal Collector ini berawal dari keluhan terhadap tingginya suhu perkotaan.

Peristiwa meningkatnya suhu ini tidak lepas dari fenomena Urban Heat Island (UHI) yaitu suhu perkotaan lebih tinggi daripada daerah di sekitarnya.

Salah satunya penyebabnya yakni terus bertambahnya jalan aspal.

Baca Juga: SAIME X Jadi Event Sekepal Aspal Terakhir, Catat Tanggal dan Lokasinya

Apalagi aspal memang memiliki sifat menyerap panas dan di siang hari jalanan aspal dapat mencapai suhu hingga 48 derajat.

Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular