Sirkuit KymiRing Batal MotoGP Boncos Kena Denda Rp 95 Miliar, Ini Sebabnya

Didit Abdillah - Rabu, 12 Oktober 2022 | 20:30 WIB
Twitter @motogp
Sirkuit KymiRing Finlandia mengalami masalah finansial dan kini harus didenda Rp 95 miliar karena banyak masalah.

Motor PLUS-Online.com - Sejak tahun 2019, sirkuit KymiRing sudah ramai diperbincangkan karena akan menggelar MotoGP Finlandia

Hingga akhirnya MotoGP Finlandia pun masuk ke dalam kalender 2020, hanya saja masalah pandemi Covid-19 membuat balapan di sirkuit KymiRing ditunda.

Sampai akhirnya tahun 2022 sirkuit KymiRing tak juga masuk ke dalam kalender, bahkan Dorna Sports sudah mempublikasi jadwal MotoGP 2023.

Dikutip dari Speedweek, nama MotoGP Finlandia masih tidak terdaftar karena masalah finansial, meski Dorna Sports memasukan dua negara baru untuk musim depan, yaitu Kazakhstan dan India.

Kerap menunda-nunda kepastian untuk menggelar MotoGP, kini Dorna Sports melayangkan gugatan kepada pihak manajemen sirkuit KymiRing sebesar 6,4 juta Euro atau setara Rp 95,4 miliar (kurs 14,917 Euro pada 12 Oktober).

Jelas ini makin mencekik manajemen sirkuit KymiRing yang sudah memiliki hutang sebesar 25 juta Euro atau sebesar Rp 372 miliar. 

Hutang-hutang tersebut atas biaya pembebasan lahan, pembangunan sirkuit, pengasapalan, juga pembangunan sarana pendukung. 

Awalnya Dorna Sports sudah memberikan tenggat waku kepada sirkuit KymiRing sampai 20 September 2022, tetapi infrastruktur juga tak kunjung diselesaikan. 

Padahal pada 2019, para tester pabrikan pembalap MotoGP sudah menjajal sirkuit sepanjang 4,5 km itu guna melakukan evaluasi. 

Baca Juga: Kenapa Marc Marquez Dapat Hukuman Black Flag di MotoGP Australia 2013?

Banyak masukan yang diberikan kepada pihak pengembang sirkuit, tetapi juga tak kunjung dikerjakan yang membuat sirkuit ini tak lolos homologasi. 

Faktanya sirkuit KymiRing dibangun tak jauh beda dengan sirkuit Mandalika dan sempat mengalami penundaan yang sama. 

Namun sirkuit Mandalika tepat waktu dalam pembangunan sirkuit dan kini sudah menggelar satu kali MotoGP dan WSBK. 

Source : Speedweek.com
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular