Meski Sepele, Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Aki Motor Ngajak Jajan

ARSN,Didit Abdillah - Kamis, 15 Desember 2022 | 19:15 WIB
Harun/GridOto
Aki motor akan sering minta dicharge ulang atau bahkan ganti baru jika kebiasaan sepele ini tidak dihentikan.

MOTOR Plus-Online.com - Aku merupakan komponen penting yang berpedan dalam mengalirkan listrik, khususnya pada saat menyalakan motor. 

Jika aki tekor, motor kekinian yang tidak memiliki kick starter akan kesulitan untuk dihidupkan karena tidak adanya aliran listrik untuk mengaktifkan dinamo dan menghidupkan mesin. 

Ada beberapa hal yang membuat aki tekor atau soak, salah satunya kebiasaan sepele kala lupa mematikan motor dan perangkat elektroniknya. 

Di era kini, jika standar samping motor ditegakkan, maka mesin motor akan mati, tetapi tidak dengan perangkat elektroniknya. 

Kebiasaan ini lah yang membuat aki menjadi mudah tekor. 

"Ada beberapa kasus motor matik yang sudah keyless mengalami aki tekor karena pemilik lupa memutar knob dari posisi kontak on ke posisi off," buka Edeng Iman Ismail, Mekanik Wahana Help kepada GridOto

"Ini sering terjadi pada ibu-ibu, mungkin lagi parkir lupa karena sudah enggak pakai anak kunci langsung jalan saja," tambahnya

Maklum, motor matik saat ini sudah dilengkapi dengan side stand switch atau fitur mematikan mesin ketika standar samping digunakan.

Jadi saat standar parkir turun mesin otomatis mati, dan ada beberapa pemilik yang lupa lagi memutar knob ke posisi off.

Baca Juga: Kredit Motor FIFGroup Meningkat, Efek Krisis Chip Semikonduktor Teratasi

Source : Otoseken.id
Penulis : ARSN
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular