Ban Balap Dipakai Untuk Harian Bisa Awet Berapa Lama? Ini Penjelasannya

Didit Abdillah - Senin, 19 Desember 2022 | 12:58 WIB
DAB/MOTOR Plus
Ilustrasi ban balap. Pirelli Rosso Corsa

MOTOR Plus-Online.com - Di masa kini, pengguna motor harian sudah semakin banyak memiliki refrensi dalam memodifikasi tunggangannya. 

Salah satunya semakin marak penggunaan ban balap untuk motor harian, karena produsen ban juga memperuntukan kompetisi dan penggunaan harian atau dual purpose.

Para bikers yang menggunakan ban balap ini juga suka dengan karakter daya cengkeram ban yang baik, khususnya saat menikung atau cornering

Namun kompon ban yang lunak dan semi-slick, jelas tidak seharusnya digunakan untuk harian, sehingga terkesan cepat habis. 

Sebenarnya berapa lama daya tahan ban balap yang digunakan untuk harian?

"Kalau mengenai perhitungan ketahanan ban pasti juga memperhitungkan cara berkendara dan juga karakter jalan yang dilalui sih ya," tutur Oki, Sales and Consultan Shop n Bike. 

"Kalau hanya digunakan dalam kota dengan jalanan beraspal, biasanya kalau Pirelli Diablo Rosso Corsa 2 ini memang bisa tahan enam bulan paling lama," imbuhnya. 

"Tapi kalau sehari-harinya saja sudah suka mengebut dan selalu hard braking paling cuma 3-4 bulan sudah botak lagi bannya," Oki menambahkan. 

Pirelli Rosso Corsa sendiri memang ada ukuran untuk ring 14 dan 17, sehingga banyak menjadi pilihan bagi yang menggunakan motor matic dan sport. 

Baca Juga: Sebelum Beli Motor Baru Bikers Wajib Paham Fitur Yang Ditawarkan

Dari segi harga pun juga tak bisa dibilang murah karena berkisan 800-900 ribu satu buah bannya. 

Di Indonesia sendiri ban balap dual purpose memang ada beberapa pilihan selain Pirelli Diablo Rosso Corsa. 

Seperti IRC Fasti Pro dan FDR MP76 yang sampai saat ini masih banyak menjadi pilihan para bikers penggemar Sunmori. 

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Sengsara, Makin Iri dengan Messi Gara-Gara Motor Vespa Ini

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular