Tanda V-belt CVT Motor Matic Yamaha NMAX Minta Diganti, Perhatikan Bagian Ini

Ardhana Adwitiya - Rabu, 21 Desember 2022 | 13:32 WIB
Isal/Gridoto
Ilustrasi v-belt CVT motor matic Yamaha NMAX, simak tanda-tanda kerusakannya.

MOTOR Plus-online.com - Tanda v-belt di CVT motor matic Yamaha NMAX minta diganti, perhatikan bagan dalamnya jangan sampai putus di jalan. Motor matic Yamaha NMAX punya berbagai komponen penting di dalam CVT salah satunya v-belt.

Buat yang belum tahu, V-belt merupakan tali khusus yang terbuat dari bahan karet yang dicampur serat baja. Fungsinya, menghubungkan putaran dari puli primer (puli depan) ke puli sekunder (puli belakang) di CVT motor matic Yamaha NMAX.

V-belt CVT motor dirancang khusus agar memiliki flexibilitas tinggi.

Namun yang jarang bikers tahu, v-belt di CVT motor matic Yamaha NMAX punya usia pakai. Hal itu dijelaskan Slamet Kasianom selaku Service Area PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM).

"V-belt ada indikator sekitar 24.000 kilometer itu harus diganti, cuman itu juga tergantung pemakaian dan medan jalan yang dilewati," ujar Slamet saat dihubungi MOTOR Plus-online, Rabu (14/12/2022).

"Pada 24.000 km motor estimasi sudah berjalan sekitar 2 tahun, rata-rata berdasarkan survey kondisi v-belt sudah mulai aus atau getas, makanya disarankan ganti di 24.000 km," sambungnya.

"Gejalanya lebih boros karena putaran mesin tinggi tapi kecepatan motor malah turun," tambahnya.

"Karena ada unsur karet kalau sudah lama bisa getas, akan ada retakan-retakan kalau bagian dalamnya ditekuk keluar," lanjutnya.

Baca Juga: Kapan V-belt CVT Motor Matic Yamaha NMAX Minta Diganti, Cek Sekarang Jangan Sampai Keburu Putus

"Nah kalau begitu harus diganti, takutnya putus di jalan," sambung Slamet.

Source : Yamaha Parts Catalogue
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular