Polda Metro Jaya Kembali Tambah Kamera TIlang ETLE di Sejumlah Ruas Jalan DKI Jakarta

Indra Fikri - Senin, 20 Februari 2023 | 09:00 WIB
TRIBUNNEWS
Ilustrasi sanksi ETLE. Polda Metro Jaya akan tambah kamera ETLE di DKI Jakarta.

MOTOR Plus-online.com - Dirlantas Polda Metro Jaya kembali menambah kamera tilang ETLE di sejumlah ruas jalan DKI Jakarta.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan kedisiplinan berkendara di DKI Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko membeberkan, hingga saat ini setidaknya terdapat 98 titik ETLE yang tersebar di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Dengan rincian, 12 kamera ETLE di Jalan Sudirman dan MH Thamrin, 45 kamera ETLE di sepanjang jalan Kota Tua hingga Senayan.

Serta 41 kamera yang terpasang di wilayah sekitar Jakarta, seperti Depok, dan Cibubur.

"Pada tahun ini akan ada pengembangan dan penambahan titik ETLE statis, yang akan dipasang di seluruh wilayah Polda Metro Jaya sebanyak 70 titik," ucap Trunoyudo.

"Konsentrasi akan dipasang di jalur arteri di 5 wilayah DKI," sambungnya.

Trunoyudo mengungkapkan, penambahan titik kamera ETLE itu guna meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran hukum dalam berkendara.

Baca Juga: Buron Curanmor, Begal, dan Geng Motor Sangat Mudah Terdeteksi Kamera ETLE

"Polri berupaya menumbuhkan kedisiplinan dan kesadaran hukum berkendara hingga menjadi budaya yang baik," ungkap Trunoyudo.

"Terutama merealisasikan budaya anti koruptif," tambahnya.

Di samping itu, Trunoyudo mengatakan sejak diberlakukannya sistem tilang elektronik, terjadi penunuran dalam tindakan pelanggaran lalulintas.

Hal itu berdasarkan data perbandingan dengan tindak pelanggaran pada lima tahun terakhir.

"Terjadi penurunan dalam penindakan pelanggaran. Pada awal diluncurkan mencapai 21,4 persen turun menjadi 12,6 persen, jika diperbandingkan dengan data pelanggaran pada lima tahun terakhir ini," tutup Trunoyudo.

Artikel ini telah tayang di Tribunbekasi.com dengan judul Cegah Pelanggaran Lalu Lintas, Polda Metro Jaya Tambah Kamera ETLE di Sejumlah Titik di DKI Jakarta

Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular