Ini Kata Bupati Bandung Soal Event Motor Trail di Ranca Upas yang Bikin 2 Ribu Edelweis Rawa Rusak

Galih Setiadi - Kamis, 9 Maret 2023 | 14:20 WIB
Kolase Tribunnews.com/TikTok.com
Lahan sekitar 1,5 hektare dan 2.000 edelweis rawa di Ranca Upas rusak akibat event sebuah komunitas motor trail yang dianggap keluar jalur.

MOTOR Plus-online.com - Dunia maya dikejutkan dengan acara atau event motor trail di Ranca Upas yang membuat 2.000 tanaman khas Edelweis Rawa rusak.

Lokasi kegiatan motor trail tersebut berada di Lahan Savana Edelweis Raya di Kampung Cai Ranca Upas, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Acara yang diselenggarakan sebuah komunitas motor trail itu berlangsung pada Minggu (5/3/2023).

Rusaknya lahan savana bunga rawa itu lantaran peserta trail melenceng dari jalur yang sudah ditentukan.

"Jadi kemarin itu ada event motor trail pada tanggal 5 Maret 2023 yang bisa dikatakan ada kesalahpahaman antara penyelenggara event dan peserta. Karena tidak adanya panitia di jalaur, peserta motor trail jadi mabal (menyimpang) dari jalur dan memasuki kawasan savana yang mana di sana ada bunga rawa itu," ujarnya dikutip dari Kompas.com.

Argo menjelaskan, edelweis rawa itu merupakan tanaman khas dari Ranca Upas.

Keberadaan edelweis rawa tersebut memang menarik perhatian dan merupakan tanaman endemik.

"Kalau untuk memastikannya bukan kompetensi saya. Tapi tanaman bunga rawa itu salah satu endemik. Kemudian banyak juga yang bertanya-tanya apakah bisa tumbuh di daerah lain, masih dalam kajian," ujarnya.

Baca Juga: Event Motor Trail Ranca Upas Ciwidey Rusak Bunga Edelweis Rawa Bikin Netizen Ngamuk, Pengelola Ungkap Faktanya

Ia mengatakan, luas lahan yang terdapat edelweis rawa seluas 1,5 hektare. Namun, lahan yang rusak hanya sebagian kecil saja.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular