Motor MotoGP 2023 Lebih Banyak Pasang Rem Belakang Skuter Matik, Fakta Terungkap

Joni Lono Mulia - Jumat, 10 Maret 2023 | 12:20 WIB
Michelin
3 motor MotoGP 2023 pakai aplikasi rear brake di tangan sistem scooter brake; Yamaha (atas); KTM/GasGas (tengah) dan Honda (bawah)

MOTOR Plus-online.com - Pemakaian rem belakang atau rear brake di motor MotoGP di musim ini makin diperlukan, sampai diperluas fungsinya dioperasikan tangan dengan istilah scooter brake dan thumb brake.

Fakta terungkap dari pantauan MOTOR Plus-online sebanyak 5 motor MotoGP 2023 yang diandalkan 11 skuat dan 22 pembalap tahun ini.

Semua motor MotoGP 2023 mencomot modifikasi atau perluasaan aplikasi rem belakang alias rear brake tidak hanya dioperasikan konvensional pakai kaki kanan.

Seiring musim berjalan, rear brake atau rem belakang motor MotoGP berkembang bisa dioperasikan dengan tangan, dipasang di setang kiri.

Baca Juga: Ada 5 Brake Di Motor MotoGP 2023, Rem Apa Saja Tuh?

Michelin
Motor Yamaha YZR-M1 pasang rem belakang ala scooter brake di motor Fabio Quartararo

Ada dua variasi perluasan operasi rear brake atau rem belakang itu dengan nama thumb brake yang dioperasikan dengan ibu jari alias jempol.

Ada juga namanya scooter brake atau rem belakang skuter matik di mana rear brake atau rem belakang dioperasikan dengan tuas seperti di motor matik atau skuter.

Paling kentara aplikasi rear brake atau rem belakang ala scooter brake di setang kiri jadi ada 2 tuas atau handle bar.

Satu tuas atau handle bar untuk mengoperasikan kopling dengan bentuk yang lebih besar.

Source : Berbagai sumber
Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular