Alasan Konversi Vespa Listrik Elders Elettrico Tak Dapat Insentif Rp 7 Juta Dari Pemerintah

Ardhana Adwitiya - Minggu, 9 April 2023 | 08:01 WIB
Ardhana Adwitiya/MOTOR Plus-online
Ilustrasi konversi Vespa klasik jadi motor listrik garapan Elders Elettrico.

MOTOR Plus-online.com - Meski ada insentif Rp 7 juta dari pemerintah, ternyata enggak bisa dipakai untuk konversi Vespa listrik.

Salah satu penyedia jasa konversi Vespa klasik jadi motor listrik adalah Elders Elettrico.

Isu konversi Vespa listrik tidak kebagian insentif Rp 7 juta berawal dari acara Sosialisasi Bantuan Pemerintah Program Konversi Motor Listrik yang digelar Kementerian ESDM, Selasa (4/4/2023).

Pada acara itu, Winsisma Wansyah, Koordinator Hukum EBTKE Kementerian ESDM menyatakan sebenarnya boleh-boleh saja konversi Vespa klasik asalkan masih memenuhi kaedah kendaraan patuh hukum.

"Konversi itu harus memenuhi syarat keselamatan. Kalau motor tidak ada lampu seinnya, misalkan karena Vespa kelihatannya banyak yang tidak punya ya, itu tidak masuk," ucapnya.

Adapun lebih jauh mengenai subsidi untuk konversi motor listrik, tercantum dalam Peraturan Menteri ESDM No.3 Tahun 2023 tentang Pedoman Umum Bantuan Pemerintah Dalam Program Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Mempertegas pernyataan tersebut, Heret Frasthio selaku CEO Elders Elettrico mengirim postingan lewat akun Instagram @elders_garage.

"Mohon Maaf kepada calon customer yang masih menunggu Dana Bantuan Pemerintah Senilai 7 jt rupiah," tulis Heret, Jumat (7/4/2023).

Baca Juga: Modifikasi Vespa Listrik Elders Elettrico X Moon Eyes, Meluncur di Kustomfest 2022

"Saat ini Product KiT KONVERSI kami belum Ada yang masuk kategori BERSUBSIDI," sambungnya.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular