Makin Canggih, Tilang Elektronik Bisa Deteksi Wajah Pemotor Gak Punya SIM

Yuka Samudera - Kamis, 13 April 2023 | 13:25 WIB
Erwan Hartawan/ Motor Plus
Ilustrasi kamera ETLE. Siap-siap, tilang elektronik atau ETLE makin canggih, bisa deteksi wajah pengendara motor dan mobil yang tidak punya SIM.

MOTOR Plus-Online.com - Siap-siap, tilang elektronik alias ETLE makin canggih, bakal bisa deteksi wajah pengendara motor yang tidak punya SIM.

Perkembangan teknologi tilang elektronik atau ETLE bikin pengendara motor nakal yang tidak memiliki SIM bakal kalang kabut.

Tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) akan punya fitur canggih bisa mendeteksi wajah pengguna kendaraan yang tak memiliki SIM.

Mengutip dari Kompas.com, hal ini seperti yang sedang direncanakan oleh Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya tengah.

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk pengendara kendaraan yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) sedang disiapkan.

Alat tersebut nantinya akan berbasis teknologi canggih yang bisa mendeteksi wajah.

"Nanti alat (ETLE) tersebut akan berbasis face recognition atau identifikasi wajah," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Latif Usman, dikutip dari Antara, Senin (10/4/2023).

Lanjut Latif, alat tersebut akan ditambah dengan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Baca Juga: Jawa Tengah Perkuat Teknologi ETLE, 700 Kamera Canggih Sudah Disiapkan

Teknologi ini yang dapat membaca wajah pengguna kendaraan.

Penulis : Yuka Samudera
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular