Jenis Oli Mesin Motor yang Cocok Untuk Mudik Lebaran, Lihat Tingkat Kekentalan

Isal,Yuka Samudera - Jumat, 21 April 2023 | 18:35 WIB
Isal
Ilustrasi ganti oli mesin motor. Ini jenis oli motor yang cocok dipakai jalan jauh saat mudik lebaran.

MOTOR Plus-Online.com - Nih simak jenis oli mesin motor yang pas untuk mudik lebaran, jangan lupa lihat tingkat kekentalannya!

Memilih oli mesin motor sebelum mudik lebaran harusnya jangan asal, musti dilihat tingkat kekentalan yang ingin dipakai.

Apalagi motor akan dipakai menempuh perjalanan jauh saat mudik lebaran atau touring jarak jauh.

Nah, disarankan untuk pakai oli dengan tingkat kekentalan yang tinggi jika ingin melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik lebaran.

"Untuk oli mesinnya disarankan pakai oli mesin dengan kekentalan yang lebih tinggi," ujar Rialdy Fasha, Training and Technical Engineer Motul Indonesia dikutip dari GridOto.

"Tujuannya agar perlindungan ke komponen mesin terhadap gesekan dan panas lebih maksimal. Terutama saat menghadapi macet saat turing dilibur lebaran 2023," lanjutnya.

Sebagai informasi, setiap pabrikan punya rekomendasi tersendiri untuk spesifikasi oli mesin yang digunakan di tiap motornya.

Contohnya di motor jenis matic, oli mesin bawaan motor Honda umumnya mempunyai kekentalan 10W-30.

Baca Juga: Penting Ganti Oli Mesin Motor Sebelum Mudik Lebaran, Mekanik Kasih Alasan

Lalu untuk oli mesin bawaan motor Yamaha 10W-40 dan Suzuki juga 10W-40.

"Untuk perjalanan jauh lebih disarankan pakai oli mesin motor yang lebih kental yaitu dengan SAE 10W-40," ujar Rialdy memberi saran.

Penulis : Isal
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular