Ikut Ajang Internasional, Mahasiswa USU Pilih Mesin Motor Yamaha Jupiter Z1 Bikin Mobil Irit

Galih Setiadi - Sabtu, 29 April 2023 | 13:45 WIB
Yamaha Alfa Scorpii
Mantap, mesin motor Yamaha Jupiter Z1 dipilih mahasiswa USU untuk membuat mobil irit.

MOTOR Plus-online.com - Beberapa mahasiswa USU yang tergabung dalam Tim Horas USU mempercayakan mesin motor Yamaha Jupiter Z1 untuk membuat mobil irit atau kendaraan hemat energi untuk bersaing di ajang internasional.

Tim Horas USU terdiri dari 15 orang mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) dan 1 dosen pembimbing dari fakultas teknik jurusan teknik mesin.

Mesin motor bebek Yamaha tersebut diandalkan untuk bertarung di kelas internal combustion engine Shell Eco-marathon Asia-Pacific and Middle East 2023.

Kegiatan itu merupakan sebuah kompetisi internasional yang mewadahi mahasiswa untuk merancang dan mengembangkan kendaraan hemat energi.

Adapun kontes tingkat Asia dan Timur Tengah itu akan digelar di sirkuit Mandalika bulan Juli 2023.

Untuk mendukungnya, Main Dealer Yamaha Alfa Scorpii menyerahkan 1 unit motor Yamaha Jupiter Z1 pada 4 April 2023.

Sejumlah keunggulan mesin motor itu cocok buat kompetisi yang diikuti nanti.

Pada perlombaan itu, jarak dan waktu maksimal yang ditempuh oleh mobil rakitan masing-masing tim telah ditentukan oleh panitia, serta telah disediakan juga jumlah bahan bakar yang sama buat setiap tim.

Baca Juga: Motor Honda BeAT Dan Scoopy Pakai Piston Yamaha Jupiter Z1, Makin Sat-set di Jalan

Pemenang dinilai berdasarkan konsumsi bahan bakar paling sedikit, yang tidak mencapai jarak maupun melebihi waktu maksimal akan didiskualifikasi.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular