Bikers Wajib Tahu, Ini Lima Penyebab Ban Motor Sering Kurang Angin Atau Kempes Saat Dipakai

Uje - Rabu, 3 Mei 2023 | 20:45 WIB
Wisnu Andebar
Ilustrasi ban motor sering kurang angin atau kempes

MOTOR Plus-Online.com Para bikers wajib waspada dengan kondisi ban motornya, karena bisa memengaruhi kenyamanan juga keselamatan.

Ada kalanya ban motor sering kurang angin atau kempes saat dipakai riding meskipun sudah sering ditambah angin.

Ada beberapa penyebab umum mengapa ban motor sering kempes, antara lain:

1. Tekanan udara rendah: Jika tekanan udara dalam ban motor terlalu rendah, maka risiko ban kempes akan lebih besar. Periksa tekanan udara dalam ban secara berkala dan pastikan ban Anda selalu terisi dengan tekanan udara yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrik.

2. Kebocoran: Kebocoran pada ban dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti tusukan benda tajam, kerusakan pada katup udara, atau retakan pada ban. Pastikan untuk memeriksa ban secara berkala dan segera perbaiki jika terdapat kebocoran.

3. Kerusakan pada pelek: Jika velg rusak atau bengkok, maka ban motor Anda lebih rentan mengalami kempes. Periksa kondisi pelek secara berkala dan segera ganti jika diperlukan.

4. Kelebihan beban: Jika Anda memuat barang atau orang terlalu banyak pada motor, maka beban tersebut dapat membuat ban lebih cepat kempes. Pastikan untuk tidak melebihi kapasitas beban maksimal pada motor.

Baca Juga: Tidak Semua Pelek Motor Peyang Bisa Diperbaiki, Kalau Kondisinya Begini Wajib Ganti Baru

 Baca Juga: Pelek Peyang Bikin Motor Oleng, Cukup Siapkan Uang Segini Biar Bisa Lurus Lagi

 

Dok Tabloid MOTOR PLUS
Tekanan angin ban yang kurang dari anjuran bisa membuat konsumsi bensin motor jadi boros

5. Umur ban yang sudah tua: Ban motor yang sudah tua atau sudah terlalu sering dipakai cenderung lebih rentan mengalami kempes. Pastikan untuk mengganti ban secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Perawatan yang baik dan perhatian terhadap tanda-tanda awal kebocoran atau kerusakan pada ban motor dapat membantu mengurangi risiko ban kempes.

Jadi segera ganti tambah tekanan angin ban, atau ganti ban motor jika sering kurang tekanan angin atau kempes.

Sebagian dari artikel ini dibuat dengan bantuan kecerdasan buatan (artificial intelligence-AI).

Penulis : Uje
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular