Ratusan Liter Bensin Pertalite Gagal Diselundupkan Ke Papua Nugini, Kasih Ke Honda BeAT Bisa Keliling Jawa Puluhan Kali

Ardhana Adwitiya - Selasa, 9 Mei 2023 | 07:00 WIB
Kolase Polda Papua dan AHM
840 liter bensin Pertalite yang akan diselundupkan ke Papua Nugini (kiri) dan ilustrasi Honda BeAT (kanan).

MOTOR Plus-online.com - Parah, tindak kriminalitas bensin Pertalite mau diselundupkan ke luar negeri, yakni Papua Nugini.

Beruntung upaya penyelundupan bensin Pertalite berhasil digagalkan pihak Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Papua.

Sebanyak 840 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dibawa dari Jayapura, Papua, menggunakan perahu menuju Papua Nugini.

Wuih, kalau 840 liter Pertalite diisi ke motor Honda BeAT, bisa dipakai buat keliling pulau Jawa berkali-kali.

Sekedar info, berdasarkan hasil tes internal PT Astra Honda Motor (AHM) dengan metode ECE R40, klaim konsumsi bahan bakar Honda BeAT tembus 60,6 km/liter dengan fitur Idling Stop System (ISS) on.

Jika diisi bensin Pertalite sebanyak 840 liter, maka Honda BeAT dapat berjalan sejauh 50.904 km.

Dikutip dari Kompasiana, perjalanan mengitari pulau Jawa menempuh jarak 3.113 km.

Rutenya mulai dari Jakarta menuju ke Banten lalu berbelok menyusuri Pantai Selatan Jawa mulai dari Labuhan, Bayah, Pelabuhan Ratu, Tegal Buleud, Cidamar, Cianjur, Pangandaran, Cilacap, Jogjakarta, Wonosari, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Gondanglegi, Jember, Banyuwangi.

Baca Juga: Aturan Pembatasan Pertalite Muncul Lagi, Ini Daftar Motor yang Tidak Bisa Beli Pertalite

Lalu memutar menyusuri Pantai Utara Jawa mulai dari Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Surabaya, Gresik, Tuban, Lasem, Kudus, Semarang, Pekalongan, Tegal, Cirebon, Indramayu, Pamanukan, dan Jakarta.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.