Tahu Gak Motor Listrik Ini Punya Teknologi Sama Dengan Mobil Formula E

Didit Abdillah - Jumat, 2 Juni 2023 | 13:30 WIB
Kolase DAB
Di gambar kiri adalah booster untuk memberikkan lonjakkan tenaga pada motor listrik Alva Cervo, mirip booster di mobil Formula E.

MOTOR Plus-Online.com - Akhir pekan ini akan diselenggarakan Formula E Jakarta 2023 di sirkuit Ancol, Jakut (3-4/6/2023). 

Sebagai balap mobil listrik, Formula E memang memberikan pengaruh dalam hal riset dan teknologi kendaraan listrik. 

Salah satunya pada perkembangan teknologi di motor listrik dengan adanya penggunaan booster atau pendorong tenaga. 

Sejauh ini teknologi booster di motor listrik yang sudah dijual di Indonesia baru ditemukan pada motor Alva Cervo yang dijual PT. Ilectra Motor Group (IMG). 

"Booster ini memberikan dorongan agar tenaga bisa mencapai kecepatan yang diinginkan dengan lebih cepat," kata Rahmat Septriwan, Chief Operating Officier IMG. 

DAB/MOTOR Plus
Motor listrik Alva Cervo

"Jadi jumlah baterai dan kapasitas jaraknya sama, tetapi tenaga yang dihantarkan dari baterai ke power train akan jauh lebih besar," lanjutnya. 

Pun cara kerja yang sama juga ada di mobil Formula E, tetapi tenaga pendorong di mobil Formula E berdasarkan 'sumbangan' dari penggemar. 

Bernama fan boost, para penggemar bisa melakukan voting dengan memilih siapa pembalap yang akan ia berikan fan boost. 

Besaran tenaganya sesuai dengan jumlah voting yang diberikan, maka semakin banyak penggemarnya, semakin banyak juga booster yang didapatkan pembalap. 

Baca Juga: Ungkap Fakta Marc Marquez Sampai Menang Di MotoGP Italia 2023, Akhirnya Buka Puasa Menang

Namun fitur fan boost itu berhenti di mobil FE Gen 2 sampai tahun lalu, untuk tahun ini sudah menggunakan Gen 3 dan fitur fan boost belum digunakan lagi. 

Meskipun pihak Formula E Operations (FEO) sedang mempertimbangkan untuk kembali mengadakan fitur fan boost di tahun depan. 

Baca Juga: Jelang Formula E Jakarta Akhir Pekan Ini, Begini Alasannya Sirkuit Ancol Tidak Cocok Buat Road Race

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular