Tes Praktik SIM C Zigzag Dan Angka 8 Bakal Dihapus, Polda Jogja Ajukan Konsep Baru

Yuka Samudera - Rabu, 28 Juni 2023 | 10:45 WIB
Ntmcpolri.info
Ilustrasi tes praktik SIM C. Ujian Zigzag dan Angka 8 di tes praktik SIM C bakal dihapus, Polda Jogja tawarkan konsep baru.

MOTOR Plus-Online.com - Polda Jogja tawarkan konsep baru setelah wacana Zigzag dan Angka 8 di tes praktik SIM C bakal dihapus.

Setelah wacana ujian praktik SIM C akan dirombak pada bagian Zigzag dan Angka 8, Polda DIY memberikan konsep baru.

Mengutip Kompas.tv, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengajukan konsep baru uji praktik surat izin mengemudi (SIM) C ke Markas Besar (Mabes) Polri.

Ide dari Kepolisian Resor (Polres) Bantul itu tercipta dengan menghapus praktik mengendarai sepeda motor melalui jalur zig-zag dan angka delapan.

Seperti yang diharapkan Wakil Kepala Polda (Wakapolda) DIY Brigjen Pol. R. Slamet Santoso, konsep baru uji praktik SIM C ini dapat diberlakukan secara nasional.

"Ini baru konsep, kami ajukan dahulu mudah-mudahan dalam waktu yang singkat dan dalam tempo yang secepat-cepatnya itu bisa berlaku di seluruh nasional," ujar Brigjen Slamet ketika meninjau konsepsi uji praktik SIM roda dua di Polres Bantul, Senin (26/6/2023).

Menurutnya, di dalam konsep baru uji pembuatan SIM C ini hanya mengubah pada sisi uji praktik, sedangkan uji teori tetap sama seperti sebelumnya.

"Nanti akan kami kembangkan di tingkat Polda DIY, dan mudah-mudahan ide dari Bantul itu bisa disampaikan ke tingkat Mabes Polri. Kalau cocok, bisa diberlakukan secara nasional, itu harapannya," ucapnya dikutip dari Antara.

Konsepsi uji praktik SIM C di Polres Bantul ini didasarkan pada analisis dan evaluasi kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Kabupaten Bantul.

Kompas TV
Anggota Kepolisian Resor (Polres) Bantul saat uji coba praktik SIM C di Satpas Polres setempat Senin, (26/6/2023), yang telah diubah dan disesuaikan dengan ujian teori.

Dari evaluasi tersebut, polisi menemukan bahwa kecelakaan lalu lintas paling banyak menimpa pengendara kendaraan roda dua.

Penulis : Yuka Samudera
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular