Advertorial

Mau Kustom Motor Pakai Konsep Café Racer? Intip Inspirasinya dari Juara Customaxi x Yard Built 2023 Ini

Yussy Maulia - Rabu, 5 Juli 2023 | 13:04 WIB
Dok. Motorplus Online/Fathia Yasmine
Yamaha XSR 155 milik Irvan Octria meraih juara ke-3 di Customaxi x Yard Built 2023.

Motor Plus-Online.com – Café racer adalah salah satu konsep kustom yang tak pernah lekang waktu. Memiliki gaya retro yang simpel dan unik, motor berkonsep café racer juga biasanya didesain dengan bodi ringan dan mudah untuk dibawa berkendara sehari-hari.

Tak hanya itu, saat memodifikasi dengan konsep tersebut, modifikator juga biasanya meng-upgrade pengaturan kecepatan dan kendali motor agar lebih lincah saat dibawa berkendara.

Kilas balik pada ajang modifikasi motor bergengsi di Indonesia, yaitu Customaxi x Yard Built 2023, konsep café racer diterapkan oleh salah satu modifikator di kelas Metal Sheet XSR 155, yaitu Irvan Octria.

Irvan, yang meraih juara ke-3 di kategori tersebut, mendandani motor XSR 155 dengan menambahkan fairing bagian depan yang menyerupai kepala tawon, serta “buntut” tawon pada bagian belakang yang dibuat dari bahan pelat.

Baca Juga: Gokil Modifikasi Motor Yamaha XMAX Telan Biaya Rp 120 Juta, Part Premium Nih Rinciannya

Miko, mewakili Irvan Octria, menjelaskan bahwa untuk menambah kesan unik pada motor tersebut, Irvan menyematkan grafis livery yang terinspirasi dari motor balap special edition besutan Yamaha.

“Untuk livery-nya berwarna kuning karena mengikuti (livery) edisi anniversary Yamaha ke-60,” kata Miko saat ditemui tim Motorplus pada babak final dan awarding Customaxi x Yard Built 2023 di Cibinong City Mall, Bogor, Sabtu (10/6/2023).

Motor tersebut juga disematkan beberapa parts yang sebenarnya bersifat opsional, tetapi membuat bodi motor terlihat semakin keren. Parts tersebut qdi antaranya, wrist rest, knalpot, dan rem belakang.

“XSR 155 sendiri punya tagline ‘Born to be Free’, jadi kita sebagai modifikator bebas bisa pakai gaya kustom apa aja. Makanya, saya enggak mengubah banyak, tetapi tetap ‘ganteng’ hasilnya,” kata Miko.

Baca Juga: Desain Yamaha NMAX Diubah Jadi Elegan khas Motor Sport, Jadi Juara di Customaxi 2023!

Untuk pengerjaan, Miko mengatakan Irvan membutuhkan waktu hingga 2 bulan. Sementara itu, budget yang dikeluarkan sekitar Rp 39 juta.

“Alhamdulillah, enggak nyangka bisa terpilih jadi juara. Ke depan, rencananya mau ganti livery dan menambahkan parts opsional yang belum sempat dipasang, seperti lampu sein depan, spion, dan bagian mesinnya mau di-upgrade supaya lebih kokoh,” tutup Miko.

Berkat kemenangan itu, Irvan membawa pulang hadiah senilai Rp 3.500.000 dan sertifikat keikutsertaan dari Yamaha Indonesia dan GridOto.

Penulis : Yussy Maulia
Editor : Sheila Respati

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA