Kapan Air Radiator Motor Harus Diganti? Ternyata Segini yang Aman Menurut Ahli

Uje - Jumat, 7 Juli 2023 | 18:00 WIB
Youtube - MOTOR Plus
Kapan harus ganti air radiator atau coolant di motor?

MOTOR Plus - online.com Banyak pemilik motor yang masih belum tahu kapan coolant atau air radiator motor harus diganti.

Apalagi saat ini cukup banyak motor-motor yang sudah pakai sistem pendinginan radiator yang membutuhkan penggantian air radiator atau coolant.

Biar tidak salah, kita tanyakan langsung ke salah satu produsen coolant atau sering disebut air radiator ini.

"Berdasarkan riset kita untuk motor-motor yang dipakai harian itu coolant radiator harus diganti tiap 6-12 bulan pemakaian," bilang Vincentius Yosafat Fransiscus marketing produsen coolant merek Vitesse.

"Satu tahun itu patokan yang aman, lebih dari itu tentu coolant tidak akan maksimal bekerja," yakin Vincent sapaan akrabnya.

Menurutnya seiring dipakai dalam membantu pendinginan mesin, kualitas coolant atau air radiator akan mengalami penurunan.

"Jadi jangan berpatokan pada patokan warna kalau dia masih hijau atau masih biru tandanya masih bagus, karena warna sendiri bukan jadi patokan utama," tegasnya.

"Coolant atau air radiator menurun efeknya titik didih bakal makin turun, nanti semakin lama coolant dalam mendinginkan mesin," lanjutnya lagi.

Baca Juga: Tak Boleh Campur Air Radiator Beda Warna Diungkap Pabrikan Kasih Tahu Resiko Main Oplos Sembarangan

 Baca Juga: Setelah Pulang Mudik dari Kampung Cek Air Radiator Jika Berkurang Jangan Langsung Ditambah

Penulis : Uje
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular