Advertorial

Diikuti Ratusan Anak Muda, Program AHM Best Student Hasilkan Ide dan Inovasi di Bidang ESG

Agis Maulana - Jumat, 1 September 2023 | 09:22 WIB
DOK. AHM
Proses presentasi online AHM Best Student.

MOTOR Plus – Online.com –Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2023 kembali digelar dengan mengusung tema “Gen Z Kuat, Indonesia Hebat”. Acara ini diikuti oleh ratusan anak muda dari jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat. Gelaran kompetisi tersebutberhasil menelurkan 781 gagasan serta karya kreatif untuk menjawab berbagai isu global dan nasional terkait environmental, social, dan governance (ESG). Hasil karya tersebut diharapkan dapat mendukung upaya membangun negeri menjadi lebih baik.

Sebagai informasi, AHMBS adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringan sepeda motor Honda seluruh Indonesia yang menyasar generasi muda Indonesia, khususnya siswa SMA, sekolah menengah kejuruan (SMK), dan madrasah aliyah (MA). Program ini adalah bagian dari upaya PT Astra Honda Motor (AHM) dalam memberikan  kontribusi sosial di bidang pendidikan.

Dalam pelaksanaannya, AHM Best Student dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori ide dan kategori invensi. Untuk kategori ide, peserta dapat menuangkan karya atau konsep terbaiknya dalam bentuk purwarupa, sampel, atau prototype yang belum dibuat secara massal dan belum dijual kepada masyarakat umum.

Baca Juga: 6 SiswaDari SMA Se-Jawa Barat Berkompetisi Di AHMBS Tingkat Regional

Sementara itu, kategori invensi mengharuskan peserta mempresentasikan karyanya yang sudah diproduksi lebih dari satu unit, sudah dijual ke masyarakat, dan sudah digunakan minimal tiga bulan. Karya yang dipresentasikan dalam kategori invensi dapat berupa produk atau jasa. Namun, karya harus sudah teruji dampak dan manfaatnya bagi masyarakat.

DOK.AHM
Proses presentasi offline AHM Best Student.

AHM Best Student sudah dimulai sejak bulan Maret. Kini, sebanyak 603 karya proposal kategori ide dan 178 karya kategori invensi telah memasuki tahapan seleksi. Nantinya, karya-karya tersebut akan diseleksi kembali menjadi 108 karya untuk berkompetisi di seleksi tingkat nasional pada Agustus-September 2023. Pemilik karya terpilih diwajibkan membuat makalah atau paper terkait karya dan mempresentasikannya di hadapan dewan juri dalam proses penilaian.

Setelah dinilai dalam seleksi tingkat nasional, 27 karya terbaik akan memasuki seleksi final untuk dipresentasikan kembali di depan dewan juri dari alumni AHMBS, praktisi, akademisi, hingga profesional di berbagai bidang terkait.

General ManagerCorporateCommunication PT Astra Honda Motor Ahmad Muhibbuddinmengungkapkan bahwa karya yang diseleksi sudah sesuai dengan semangat AHMBS, yakni kreatif, peduli, dan percaya diri. Ia berharap program AHMBS dapat menjadi wadah bagi pengembangan sumber daya manusia yang unggul yang dikemas secara kreatif dan menarik bagi Gen Z.

Baca Juga: Mau Tau Siapa Wakil Regional AHMBS Dari Jatim? Nih Simak Bro..

“Kami sangat mengapresiasi semangat dan kepedulian generasi muda untuk berkarya dan berkontribusi  terhadap  berbagai isu sosial kemasyarakatan. Kami ingin terus mendukung seluruh elemen masyarakat, terutama generasi muda melalui semangat Sinergi Bagi Negeri”, kata Muhib.

Program AHMBS telah berjalan sejak tahun 2003 dan telah memiliki 1.824 alumni yang berprofesi sebagai dokter, dosen, hingga wirausaha. Walaupun telah berlangsung cukup lama, AHMBS terus beradaptasi dengan tren terkini agar topik yang diusung tetap relevan dalam lingkup nasional dan global . AHMBS juga memberikan wawasan yang inspiratif bagi para peserta melalui berbagai narasumber yang berasal dari tokoh nasional, tokoh muda, penulis, pengusaha, hingga atlet nasional.

Penulis : Agis Maulana
Editor : Sheila Respati

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA