Cerita Aneh Pemotor Rela Bayar Rp 500 Ribu Untuk Sogok Petugas Razia Uji Emisi

Didit Abdillah - Kamis, 2 November 2023 | 13:50 WIB
Dok Kompas.com
Razia uji emisi sudah menimbulkan intrik di berbagai titik, sampai ada yang rela menyogok petugas razia uji emisi.

MOTOR Plus-Online.com - Razia uji emisi kembali dilakukan sejak tanggal 1 November 2023, khususnya di daerah-daerah perbatasan Jakarta. 

Seperti sisi Jakarta Selatan yang dekat dengan Tangsel dan Depok, Jaktim dengan Bekasi, dan Jakbar dengan Kota Tangerang. 

Beberapa pemotor juga sudah kena tilang karena tidak memenuhi standar emisi dari kendarannya, baik itu pemotor atau pengguna mobil. 

Namun ada satu tindakan yang tidak boleh ditiru dari pemotor yang terkena tilang uji emisi di daerah Kembangan, Jakbar. 

Kala pemotor ini tidak lolos uji emisi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan berniat untuk menyogok petugas uji emisi untuk meloloskan motornya. 

Petugas dari DLH bernama Dimas ini sempat didesak oleh pemotor ini untuk melakukan manipulasi data. 

Dimas memaparkan kronologi kejadian tersebut, di mana si oknum pengendara memang sudah menunjukkan sikap defensif, bahkan sejak awal dirinya diberhentikan oleh Polisi.

“Dia protes bilang ‘kok cuma saya yang dihentikan, itu di belakang saya enggak’, jadi saya coba tenangkan dulu si bapaknya itu, sambil saya jelaskan tujuannya uji emisi apa. Tapi masih aja ngegas (marah-marah),” cerita Dimas kepada Kompas.com.

Setelah motor milik oknum pengendara diuji dan dinyatakan tidak lolos, Dimas mengaku sempat dipaksa menerima 5 lembar uang Rp 100.000.

Baca Juga: Anti Panik Ketemu Razia Uji Emisi Enggak Bakal Kena Tilang Rp 250 Ribu Kalau Ikuti Syarat Ini

Source : Kompas.com
Penulis : Didit Abdillah
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular