Sanksi Tilang Dihapus Diganti Pakai Surat Khusus Saat Razia Uji Emisi Berlaku Motor dan Mobil di Jakarta

Yuka Samudera - Minggu, 5 November 2023 | 08:08 WIB
Ardhana Adwitiya/MOTOR Plus-online
Razia uji emisi bakal tetap digelar tanpa sanksi tilang, gantinya dapat surat khusus untuk pengendara motor atau mobil di DKI Jakarta.

MOTOR Plus-Online.com - Operasi razia uji emisi motor dan mobil di Jakarta tetap digelar meski tilang ditiadakan, gantinya bakal dapat surat khusus.

Pada awal November 2023 lalu, razia uji emisi digelar di DKI Jakarta dengan menerapkan tilang bagi motor dan mobil yang tak lulus uji emisi.

Namun selang sehari, pihak kepolisian memutuskan untuk meniadakan tilang saat razia emisi tersebut.

Hal tersebut beralasan karena respon dan komentar dari para masyarakat DKI Jakarta kurang baik terkait tilang di razia emisi.

Mengutip Wartakota.tribunnews.com, Juru Bicara Satuan Tugas Pengendalian Pencemaran Udara (Satgas PPU) Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati berikan komentar.

Ani memastikan Pemprov DKI sudah berkoordinasi kembali dengan Ditlantas Polda Metro Jaya meski tilang sudah dihapus.

"Intinya, Pemprov DKI tetap berkomitmen untuk melaksanakan uji emisi kendaraan roda dua dan empat sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor," ungkap Ani.

Di Pergub tersebut, disebutkan bahwa setiap pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan uji emisi gas buang dan memenuhi ambang batas.

Baca Juga: Pemotor Menangis Pilu Kena Tilang Uji Emisi Puluhan Juta Rupiah Tidak Dikembalikan Petugas

Masyarakat pemilik kendaraan baik motor atau mobil diimbau untuk lakukan uji emisi.

Pemprov DKI Jakarta juga terus melanjutkan pemeriksaan kepatuhan wajib uji emisi kendaraan bermotor roda dua dan empat, namun tanpa menjatuhkan sanksi denda.

Penulis : Yuka Samudera
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.